Contoh Akta Notaris Terkait Pengakuan Hutang (5)

  Contoh Akta Notaris Terkait Pengakuan Hutang

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Contoh Akta Notaris Terkait Pengakuan Hutang 4). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Pasal 16

16.1. Menyimpang dari apa yang ditentukan dalam pasal 14 dan pasal 15 di atas, Bank berhak untuk menuntut/menagih pembayaran segala sesuatu yang terhutang oleh Peminjam kepada Bank berdasarkan Pengakuan Hutang ini dengan seketika dan sekaligus tanpa somasi lagi, sehingga suatu peringatan dengan surat juru sita atau surat lainnya tidak diperlukan lagi, bila terjadi atau timbul salah satu hal atau peristiwa tersebut di bawah ini:

a. bilamana antara Bank dan Peminjam tidak tercapai persetujuan tentang besarnya bunga yang harus dibayar oleh Peminjam atas jumlah-jumlah yang terhutang oleh Peminjam kepada Bank berdasarkan Pengakuan Hutang ini.

b. bilamana suatu angsuran hutang pokok atau bunga atau lain-lain jumlah yang terhutang berdasarkan Pengakuan Hutang ini atau Surat Aksep yang dikeluarkan menurut ketentuan dalam pasal 10 di atas, tidak dibayar lunas pada waktu dan dengan cara sebagaimana ditentukan dalam Pengakuan Hutang ini dan/atau Surat Aksep, dalam hal lewatnya waktu saja merupakan bukti yang sah dan cukup bahwa Peminjam telah melalaikan kewajibannya.

c. bilamana menurut Bank, Peminjam lalai memenuhi atau tidak memenuhi syarat-syarat lain dalam pengakuan Hutang ini (dan/atau sesuatu penambahan, perubahan, pembaharuan atau penggantiannya) dan/atau terjadi pelanggaran terhadap atau kealpaan menurut syarat-syarat yang tertera dalam perjanjian-perjanjian jaminan yang dibuat berkenaan dengan Pengakuan Hutang ini.

d. jika sesuatu pernyataan, surat keterangan atau dokumen yang diberikan dalam Pengakuan Hutang ini (dan/atau penambahan, perubahan, pembaharuan atau penggantiannya) dan/atau dalam perjanjian jaminan yang berhubungan dengan Pengakuan Hutang ini, ternyata tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya dalam atau mengenai hal yang oleh Bank dianggap penting.

e. apabila semata-mata menurut pertimbangan Bank, keadaan keuangan Peminjam, bonafiditasnya dan solvabilitasnya mundur sedemikian rupa, sehingga Peminjam tidak dapat membayar hutangnya lagi.

f. bilamana Peminjam atau orang/pihak lain yang menanggung atau menjamin pembayaran hutang-hutang Peminjam (untuk selanjutnya disebut “Penanggung”) berdasarkan Pengakuan Hutang ini (dan/atau setiap penambahan, perubahan, pembaharuan dan penggantiannya) mengajukan permohonan untuk dinyatakan dalam keadaan pailit atau penundaan pembayaran hutang-hutang (“surseance vanbetaling”) kepada instansi yang berwenang atau tidak membayar hutangnya kepada pihak ketiga yang telah dapat ditagih (jatuh waktu), atau karena sebab apa pun tidak berhak lagi mengurus dan menguasai kekayaannya atau dinyatakan pailit, atau suatu permohonan atau tuntutan untuk kepailitan telah diajukan terhadap Peminjam dan/atau Penanggung oleh pihak ketiga kepada instansi yang berwenang.

g. bilamana Peminjam atau salah satu Penanggung dibubarkan atau mengambil keputusan untuk bubar atau meninggal dunia, atau ijin usaha Peminjam dicabut/ditarik kembali oleh instansi yang berwenang atau tidak diperbaharui/diperpanjang lagi, atau menghentikan usahanya atau menangguhkan untuk sementara usahanya, atau dinyatakan berada di bawah pengampunan (onder curatele gesteld).

h. jika kekayaan Peminjam atau Penanggung seluruhnya atau sebagian disita oleh instansi yang berwajib.

i. bilamana diadakan perubahan anggaran dasar, perubahan susunan para pemegang saham, direksi dan/atau dewan komisaris (bila ada) dari Peminjam tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Bank, orang yang menjadi jaminan untuk pembayaran dan pembayaran kembali hutang Peminjam kepada Bank berdasarkan Pengakuan Hutang ini (termasuk perubahan-perubahan, penggantian penggantian atau pembaharuannya) disita oleh instansi yang berwenang, baik sebagian maupun seluruhnya.

Related

Business 2514332968978510982

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item