Contoh Akta Notaris Terkait Penjaminan Tanah kepada Bank

Contoh Akta Notaris Terkait Penjaminan Tanah kepada Bank

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh akta notaris, terkait perjanjian penjaminan tanah kepada bank untuk suatu keperluan hutang. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Nomor:

- Pada tanggal (______________), Notaris di (______________), dengan dihadiri oleh saksi-saksi yang nama-namanya akan disebut pada akhir akta ini:

- Selanjutnya disebut juga PEMBERI KUASA.

- Penghadap telah dikenal oleh saya, Notaris.

- Penghadap menerangkan dalam surat akta ini, memberi kuasa dengan hak substitusi kepada: ----------------------

- Selanjutnya disebut juga PENERIMA KUASA.

KHUSUS

- Untuk mewakili penghadap selaku pemilik dari harta yang akan disebutkan di bawah ini dalam hal menjaminkan/membebankan hak tanggungan harta tersebut kepada bank-bank, baik Bank Pemerintah maupun Bank Swasta.

- Sehubungan dengan kredit yang akan diberikan oleh Bank bersangkutan kepada penerima kuasa.    

-  Demikian itu sampai jumlah serta dengan syarat-syarat yang akan ditentukan oleh Bank yang bersangkutan dan harta dimaksud berupa:

--------------------------------
--------------------------------
--------------------------------

Demikian berikut segala sesuatu yang telah ada dan/atau di kemudian hari akan didirikan dan ditanam di atas tanah tersebut, yang menurut sifatnya, peruntukannya, atau penetapan Undang-Undang dianggap sebagai benda tetap (untuk selanjutnya tanah berikut segala sesuatu yang telah dan/atau kemudian hari akan didirikan, ditanam dan ditempatkan di atas bidang tanah tersebut, akan disebut juga TANAH dan BANGUNAN).

- Guna pelaksanaan kuasa ini, yang diberi kuasa dikuasakan menghadap di mana perlu, memberikan keterangan-keterangan serta memperlihatkan surat-surat yang diminta, membuat, minta dibuatkan, serta menandatangani akta/surat-surat yang diperlukan.

- Mengajukan permohonan, memilih tempat kediaman hukum, menerima kredit dimaksud serta melakukan pembayaran kembali secara tertib dan teratur, dan umumnya melakukan segala sesuatu yang perlu dan berguna dalam menjalankan kuasa ini dengan sebaik-baiknya.

- Pemberi kuasa menegaskan dengan ini, bahwa harta dimaksud tidak sedang dalam sengketa, dan tidak sedang terikat kepada pihak lain dalam bentuk atau dengan cara apa pun juga.

- Dan penerima kuasa dengan ini mengikat diri untuk memenuhi segala kewajiban pembayaran berkenaan dengan harta dimaksud, secara tertib dan teratur dan akan merawatnya sebagaimana mestinya.

- Penghadap senantiasa untuk diri sendiri dan menjalani sebagaimana tersebut di atas juga menegaskan dengan ini telah mengetahui betul segala akibatnya yang mungkin timbul dari hal yang dijaminkan/dibebankan hak tanggungan harta dimaksud untuk ketertiban pembayaran kemhali suatu kredit/hutang.    

- Kuasa ini tidak akan dicabut selama kredit untuk harta dimaksud dijaminkan belum lunas seluruhnya, dan ini diberikan dengan melepaskan segala aturan-aturan yang termuat dalam undang-undang yang mengatur dasar-dasar dan sebab-sebab yang mengakhiri suatu kuasa.

DEMIKIANLAH AKTA INI

- Dibuat sebagai dan dilangsungkan di (_______________) pada hari dan tanggal tersebut pada kepala akta ini, dengan dihadiri oleh Nona (_______________) dan Tuan (_______________); keduanya pegawai kantor Notaris, bertempat tinggal di (_______________) dan saya, Notaris, kenal sebagai saksi-saksi.

- Segera setelah akta ini saya, Notaris, bacakan kepada penghadap dan saksi-saksi, maka akta ini ditandatangani oleh penghadap, saksi-saksi dan saya, Notaris.

- Dibuat dengan

- (_______________)

Related

Business 6318176514694366581

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item