Contoh Surat Perjanjian Pemberian Jaminan - Cash Collateral (1)

Contoh Surat Perjanjian Pemberian Jaminan - Cash Collateral

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh surat perjanjian pemberian jaminan atau cash collateral. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Perjanjian Pemberian Jaminan Cash Collateral (selanjutnya disebut sebagai Perjanjian) ini dibuat pada hari [___] tanggal [___] bulan [___] tahun [___] oleh dan antara:

a. [___], [___] di Negara Republik Indonesia, berkedudukan di [___], Jl. [___], dalam hal ini diwakili oleh [___] selaku [___], berdasarkan Surat Kuasa No. [___] tanggal [___] yang ditandatangani oleh [___] selaku [___], sehingga oleh karenanya berhak dan berwenang bertindak untuk dan atas nama [___].

Untuk selanjutnya dalam Perjanjian ini disebut sebagai [___].

b. [___], suatu Perseroan Terbatas yang didirikan berdasarkan dan oleh karenanya tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia, berkantor pusat di [___], Jl. [___],  berdasarkan Akta Pendirian No. [___] yang dibuat oleh [___], Notaris di [___], dalam hal ini diwakili oleh [___] selaku [___] sehingga oleh karenanya berhak dan berwenang bertindak untuk dan atas nama [___].

Untuk selanjutnya dalam Perjanjian ini disebut sebagai [___].

[___] dan [___], dalam Perjanjian ini secara bersama-sama disebut dengan Para Pihak.

Para Pihak menerangkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut:

Bahwa, beberapa waktu yang lalu [___] mengalami kesulitan likuiditas akibat dari banyaknya Non-Performing Loan atau kredit bermasalah yang telah disalurkan [___] kepada para debiturnya.

Bahwa, terhadap permasalahan termaksud, [___] memutuskan untuk melakukan langkah-langkah penyelamatan terhadap [___], termasuk akan tetapi tidak terbatas mencari investor baru guna menambah kecukupan modal [___] dan menyelamatkan kredit-kredit bermasalah tersebut.

Bahwa, setelah melakukan negosiasi dengan beberapa pihak, maka telah ditemukan investor baru yang berminat untuk menambah kecukupan modal [___].

Bahwa, selain itu, [___] juga akan memberikan pinjaman dana cair kepada [___] untuk menyelesaikan permasalahan kredit bermasalah tersebut.

Bahwa, terhadap pemberian pinjaman dana cair tersebut, [___] telah meminta jaminan berupa cash collateral dari [___], jaminan tersebut akan diberikan dari dana yang berasal dari investor baru termaksud di atas.

Bahwa, [___] telah menyetujui untuk menerima pinjaman dana cair tersebut dan memberikan jaminan sebagaimana dipersyaratkan oleh [___].

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, Para Pihak dengan ini sepakat untuk mengadakan Perjanjian dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1
Pinjaman

1. [___], dengan ini menyatakan memberikan pinjaman kepada [___], dan [___] dengan ini menyatakan menerima pinjaman yang diberikan [___] untuk menyelesaikan permasalahan kredit bermasalah para debitur [___].

2. Adapun besar pinjaman sebagaimana termaksud pada Pasal 1 ayat (1) di atas adalah sebesar [___].

3. Pemberian pinjaman sebagaimana termaksud pada Pasal 1 ayat (1), telah diatur dan disepakati tersendiri dalam perjanjian tersendiri, yang telah ditandatangani pada tanggal [___] dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Perjanjian ini.

Pasal 2
Jaminan

1. [___] dengan ini memberikan jaminan yang berupa jaminan kebendaan dalam bentuk deposito untuk menjamin seluruh hutang [___] berdasarkan Perjanjian Pengakuan Hutang, apabila [___] tidak melaksanakan kewajibannya.

Jaminan yang diberikan adalah berupa dana yang didepositokan di [___] atas nama [___] sejumlah [___].

[___] menjamin [___] bahwa deposito termaksud yang dijadikan jaminan kepada [___] adalah benar-benar haknya, bebas dari sitaan, tidak digadaikan, dialihkan, atau dipertanggungkan dengan cara apa pun dan nama apa pun juga kepada pihak lain serta tidak tersangkut sengketa, dan oleh karenanya [___] membebaskan [___] dari segala tuntutan hukum yang diajukan oleh pihak lainnya atas deposito termaksud.

Baca lanjutannya: Contoh Surat Perjanjian Pemberian Jaminan - Cash Collateral (2)

Related

Business 4784878047079634480

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item