Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-32

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-32

Naviri.Org - Sejak minggu ini sampai saat lahir nanti, bayi Anda berada dalam kandungan dengan posisi kepala di bawah. Dia tidur 90-95 persen dalam sehari sekarang, sementara beratnya telah naik menjadi 1,7 kg (3,75 pon) dengan panjang sekitar 42 cm (16 inci). Kulitnya menjadi lebih tebal, semakin merah, sementara lanugo yang menutupi tubuhnya perlahan-lahan semakin hilang, meski sebagian masih ada di bahu dan punggung saat ia dilahirkan.

Meski paru-parunya belum akan berkembang sempurna sampai tepat sebelum lahir, bayi Anda menghirup cairan amnion untuk melatih paru-paru dan berlatih bernapas. Jari tangan dan kakinya telah tumbuh sempurna, begitu pula rambut kepalanya. Kelopak matanya telah terbuka dengan baik, begitu pula dengan sistem pendengarannya. Sistem sarafnya telah matang, sementara kuku jari-jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna.

Kini, seiring makin membesarnya kandungan, Anda mungkin mulai sering mengalami sakit punggung. Sakit punggung itu disebabkan oleh otot-otot perut yang lemah, sehingga hal itu akan memaksa Anda untuk mendorong bahu dalam rangka mendukung tumbuh rahim Anda.

Menghadapi hal tersebut, Anda perlu mengingat untuk istirahat sebanyak yang Anda bisa. Sedangkan untuk mengatasi sakit punggung yang Anda alami, solusi yang bisa dipilih di antaranya adalah pijat, teknik relaksasi, peregangan, olahraga, dan menjaga postur tubuh yang tepat. Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat penghilang sakit apa pun, tanpa terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter.

Selain masalah punggung, Anda juga mungkin akan sering mengalami sembelit akibat terganggunya proses pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum air yang cukup dan mengonsumsi makanan berserat.

Kemudian, yang juga perlu diketahui, tubuh Anda saat ini memproduksi hormon yang disebut relaksin. Hormon ini bertanggung jawab untuk melonggarkan panggul, sehingga lebih fleksibel pada saat melahirkan. Anda mungkin merasakan efek hormon ini pada kaki, namun tidak perlu khawatir, karena itu hanya sementara.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-33

Related

Pregnancy 8197568014254711523
item