Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-33

  Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-33

Naviri.Org - Posisi bayi dalam kandungan masih sama seperti sebelumnya—kepalanya ada di bawah. Tengkorak kepalanya masih cukup lentur dan belum sepenuhnya menyatu, sehingga kelak memungkinkannya melewati jalan lahir yang relatif sempit.

Meskipun tulang di bagian lain tubuhnya mengeras, namun otot-otot bayi belum benar-benar bersatu. Kulitnya mulai halus, tidak lagi keriput, dan lebih berisi. Sebagian besar perkembangan fisik dasarnya kini telah selesai.

Bayi Anda sekarang telah tumbuh menjadi lebih berat, kali ini sekitar 1,9 kg (4,2 pon), dengan tinggi sekitar 43 cm (17 inci). Karena ukurannya yang kian besar, bayi Anda pun hampir mengisi ruang rahim seluruhnya. Otaknya sudah mulai bisa berkoordinasi dengan baik, dan dia sudah bisa menelan.

Sementara itu, sakit punggung yang Anda alami mungkin semakin terasa tidak nyaman. Hal itu terjadi karena adanya peregangan otot. Anda mungkin pula mulai mengalami mulas lebih sering, karena perut Anda tidak memiliki ruang seiring pertumbuhan bayi yang semakin besar. Makan makanan kecil lebih sering dapat membantu meringankan masalah tersebut.

Untuk menjaga asupan gizi, pastikan Anda terus mengonsumsi makanan yang baik untuk mendapatkan gizi yang benar bagi Anda dan bayi. Jika Anda ingin mengonsumsi buah-buahan, pastikan buah-buahan tersebut dicuci hingga benar-benar bersih, untuk menghilangkan atau mengurangi jumlah pestisida dan bahan pengawet yang mungkin melekat pada buah-buahan.

Kemudian, sekadar perlu diketahui, jika Anda mengalami sakit kepala parah, atau tiba-tiba mengalami pembengkakan selama 2-3 hari, terutama pada wajah, kemudian perut sakit, mual, atau muntah, bisa jadi itu merupakan gejala pre-eklampsia. Pre-eklampsia biasa ditandai dengan pembengkakan, tekanan darah tinggi, dan protein dalam urin. Itu merupakan komplikasi serius yang terjadi saat kehamilan, dan sangat disarankan agar Anda segera menghubungi dokter.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-34

Related

Pregnancy 2673783395738215854
item