Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-29

  Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-29

Naviri.Org - Posisi bayi dalam kandungan Anda telah mempersiapkan diri seperti posisi lahir, dengan kepala mengarah ke bawah. Sekarang beratnya sekitar 2,54 pon (1,5 kg), dengan panjang sekitar 38,6 cm (15,2 inci).

Otaknya terus berkembang, dan ia juga akan sering menendang di dalam kandungan. Sumsum tulangnya telah benar-benar memproduksi sel darah merah sekarang, dan bayi Anda telah buang air kecil sekitar setengah liter urin ke dalam cairan ketuban setiap hari. Sensitivitas bayi Anda juga semakin jelas, dan dia bereaksi terhadap suara, cahaya, rasa, serta bau.

Di dalam kandungan, kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen, yang akan menstimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh Anda, sehingga membuat kolostrum. Hal itulah yang menjadikan payudara Anda bisa memproduksi air susu yang kelak akan menjadi makanan utama bayi setelah dilahirkan.

Karena ukuran bayi Anda kian besar dan posisinya makin mendesak kandung kemih, Anda pun akan sering buang air kecil. Selain itu, Anda juga akan mudah letih, karena kandungan yang makin besar dan berat. Hal-hal yang kadang muncul dan cukup mengganggu adalah kulit gatal, wasir, inkontinensia, varises, kram kaki, bengkak, sesak napas, hingga perasaan tidak nyaman. Semua itu hal-hal umum yang biasa terjadi pada ibu hamil. Anda akan segera melupakannya begitu bayi Anda lahir kelak.

Yang perlu Anda ingat adalah tetap mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik, minum banyak air, membiasakan postur tubuh dalam posisi yang benar, melakukan latihan/senam hamil, dan istirahat setiap kali ada waktu. Di minggu ini, berat badan Anda kemungkinan naik sekitar 8,5-12,25 kg (18-27 pon).

Berikut adalah tip yang bisa Anda ingat selama menjalani minggu-minggu terakhir ini:
  1. Makanlah lebih sering (bisa disiasati dengan makan dalam porsi kecil).
  2. Jika bepergian, selalu bawa makanan semacam kismis, kacang-kacangan, dan buah kering, agar Anda selalu bisa makan sesuatu dalam perjalanan.
  3. Minumlah banyak air.
  4. Hindari makanan-makanan yang tidak bergizi.
  5. Jangan memaksakan diri melakukan sesuatu yang dapat membahayakan diri Anda maupun bayi dalam kandungan.
Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-30

Related

Pregnancy 7640188086255756242
item