Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-35

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-35

Naviri.Org - Bayi Anda mengambil semakin banyak ruangan dalam rahim, sehingga ruang bergeraknya semakin sempit. Paru-paru bayi Anda sekarang benar-benar telah berkembang, dan menghasilkan surfaktan, yaitu zat yang membantu dalam pertukaran oksigen di paru-paru.

Selain itu, sepasang ginjalnya juga telah berkembang sempurna, hatinya telah dapat memproses sebagian produk buangan, sementara lemak tubuhnya telah mulai memadat pada bagian kaki dan tangan, yang berfungsi memberi kehangatan pada tubuhnya.

Kini berat bayi Anda sekitar 2,38 kg (5,25 pon) dengan panjang sekitar 46,2 cm (18,19 inci). Sementara berat badan Anda mungkin telah bertambah sekitar 10-13 kg dari berat normal Anda sebelum hamil.

Memasuki akhir kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami nyeri atau berdenyut pada pinggul, pantat, atau panggul, selama minggu-minggu terakhir kehamilan. Selain itu, sebagian ibu hamil juga kadang semakin sulit tidur—karena kondisi perut yang makin membesar, juga karena mengalami kecemasan yang kadang tidak beralasan.

Untuk mengatasi nyeri, Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter yang merawat Anda selama hamil. Sementara untuk mengatasi kecemasan tak beralasan yang mungkin Anda alami, Anda bisa meminta nasihat ibu, mertua, atau orang tua yang Anda percaya.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-36

Related

Pregnancy 7740640797510913023
item