Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-36

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-36

Naviri.Org - Mulai minggu ini, bayi Anda sudah memiliki ukuran dan kematangan yang siap untuk lahir. Kulitnya semakin halus, dan lemak juga terus bertambah di bawah kulitnya setiap hari. Ginjal, paru-paru, dan hatinya telah dapat bekerja dengan baik, sementara berat badannya bertambah secara konsisten sekitar setengah pon setiap minggu.

Bayi Anda mendapatkan berat badan dengan cepat karena lapisan lemak yang membantu pengaturan suhu tubuh, dan mengembangkan kekebalan dalam persiapan untuk kehidupan di dunia luar.

Pada saat ini, berat bayi Anda sekitar 2,5 kg (5,5-6,0 pon), dengan tinggi sekitar 47 cm (18,5 inci). Posisi bayi Anda dalam kandungan jauh lebih rendah sekarang, karena bayi turun ke jalan lahir, bersiap-siap untuk lahir. Menjelang akhir minggu ini, kehamilan Anda sudah cukup bulan, dan itu artinya bayi bisa lahir kapan saja mulai saat ini.

Sejak saat ini pula, Anda mungkin telah mulai memeriksakan kandungan tiap minggu sampai Anda melahirkan. Pastikan posisi bayi dalam rahim saat memeriksakan kandungan Anda ke dokter. Apakah kepala bayi sudah di bawah, atau bayi dalam posisi sungsang? Biasanya, pada akhir minggu ke-36, bayi akan duduk di posisi kelahirannya, meski masih mungkin untuk mengubah posisi.

Anda mulai merasakan peningkatan tekanan di perut bawah, dan merasakan bayi perlahan mulai turun. Frekuensi buang air kecil akan semakin meningkat, karena bayi semakin mendesak kandung kemih. Selain itu, bayi terus berkembang dan akan menempatkan lebih banyak tekanan pada sistem peredaran darah Anda.

Untuk mengantisipasi hal itu, kurangi konsumsi garam untuk menjaga tekanan darah Anda. Kemudian, karena tubuh Anda akan bekerja keras untuk persiapan kelahiran, Anda perlu mengonsumsi sekitar 2.400-2.500 kalori per hari.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-37

Related

Pregnancy 330656540735684455
item