Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-28

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-28

Naviri.Org - Di dalam kandungan, mata bayi Anda telah dapat melihat cahaya, sementara bulu mata dan alis telah tumbuh sempurna, seiring dengan pertumbuhan rambut kepalanya.

Tubuhnya semakin bulat dan gemuk, dengan berat sekitar 1-1,8 kg, sementara panjangnya sekitar 38 cm. Sekitar 2-3 persen tubuh bayi Anda juga telah mengandung lapisan lemak. Sementara otaknya masih terus berkembang, dan pada minggu ke-28 ini otak bayi Anda mulai membentuk karakteristik serta alur lekukan di permukaan yang sama dengan otak manusia dewasa.

Seiring perkembangan dan pertumbuhannya, bayi Anda pun semakin mengisi ruang kosong dalam rahim. Otot-otot bayi Anda juga secara bertahap terus membaik, dan itu ditandai dengan makin seringnya Anda merasakan gerakannya di dalam kandungan. Gerakan-gerakan bayi itu tidak jarang akan membangunkan Anda yang sedang tidur.

Pada minggu ini, Anda mungkin semakin merasakan naluri keibuan yang semula tumbuh samar-samar. Seiring bayi Anda semakin besar dalam kandungan, naluri keibuan Anda pun semakin kuat. Umumnya, wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 5 kg pada masa ini, namun Anda tak perlu merisaukannya. Begitu pula dengan pembengkakan pada kaki dan tangan, itu pun hal wajar.

Selain hal-hal di atas, Anda bisa jadi mengalami sembelit, wasir, varises, dan kulit yang kadang masih terasa gatal. Selain itu, payudara kadang telah mulai meneteskan air susu. Jika itu terjadi, tidak perlu risau. Begitu pula jika tidak terjadi. Masing-masing ibu hamil kadang memiliki tanda uniknya sendiri.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-29

Related

Pregnancy 3994834101743502594
item