Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-23

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-23

Naviri.Org - Di dalam kandungan, calon bayi Anda kini makin gemuk, meski kulitnya masih cukup berkerut karena kurangnya lemak subkutan. Panjangnya kini 11-11,5 inci (27,94 cm), dengan berat sekitar 1 pon (453,6 gram).

Setiap hari, tubuhnya semakin tumbuh proporsional, dan tulang-tulang telinga bagian tengah mulai mengeras. Sistem pencernaannya juga makin matang untuk menyerap nutrisi. Dalam beberapa minggu ke depan, calon bayi Anda akan bertambah besar dua kali lipat dari saat ini.

Di minggu ini, Anda mungkin merasakan gejala seperti perubahan mood yang tiba-tiba. Jika itu terjadi, tidak perlu khawatir, karena itu gejala yang normal akibat kadar hormon yang naik dalam tubuh Anda.

Gejala itu akan mereda pada trimester ketiga, atau segera setelah kelahiran bayi Anda. Kemudian, jika Anda merasa pegal-pegal di bagian punggung atau pinggang, cobalah rileks dengan memosisikan tubuh hingga nyaman, atau mintalah pasangan Anda untuk menggosok punggung hingga terasa hangat dan nyaman.

Jika punggung atau pinggang terasa sakit sekali, mati rasa, atau kesemutan di punggung bawah dan pinggul, cobalah cek dengan dokter Anda, untuk mengantisipasi adanya pengeroposan tulang, karena sebagian besar tulang sumsum Anda dipakai untuk membentuk tubuh calon bayi yang kini terus bertumbuh pesat. Karenanya, Anda juga membutuhkan tenaga ekstra untuk menunjangnya.

Protein berperan penting dalam kehamilan Anda dan perkembangan bayi. Karenanya, penting untuk memastikan asupan protein Anda memenuhi kebutuhan. Anda harus mendapatkan 75 g protein dalam sehari, dan ada berbagai sumber protein untuk membantu Anda mendapatkannya.

Selain itu, asupan gizi yang perlu diperhatikan selama kehamilan Anda adalah natrium (garam). Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak natrium, dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan air, yang pada gilirannya dapat menyebabkan bengkak, kembung, dan ketidaknyamanan. Makanan yang mengandung banyak natrium, sehingga perlu dihindari di antaranya adalah acar, keripik kentang, dan kacang asin.

Terakhir, yang juga perlu diingat, berhati-hatilah dalam setiap gerakan. Usahakan untuk tidak melakukan gerakan tiba-tiba, juga hindarkan tubuh Anda dari benturan yang keras. Upaya hati-hati itu tidak hanya untuk menjaga diri Anda, namun juga calon bayi Anda.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-24

Related

Pregnancy 1953748120540619131

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item