Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-24

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-24

Naviri.Org - Calon bayi Anda terus bekerja keras mempersiapkan kehidupannya dengan menyempurnakan paru-paru serta pergerakan tangan dan kakinya. Pada minggu ini, kedua telinganya telah sepenuhnya berfungsi. Karenanya, Anda mungkin memperhatikan bahwa suara keras atau gerakan tiba-tiba bisa mengejutkan bayi dalam kandungan Anda.

Di dalam kandungan, bayi Anda bisa mendengar degup jantung Anda, juga mendengar suara Anda saat bercakap-cakap. Jika suatu malam misalnya Anda dan suami berbincang-bincang mengenai persiapan yang sedang dilakukan untuk menyambut si calon bayi, misalnya, bayi dalam kandungan Anda bisa ikut mendengar.

Karena telinga bagian dalam bayi Anda telah terbentuk sempurna, maka naluri keseimbangan bayi Anda pun telah bekerja, sehingga dia bisa memilih akan terbalik, menggantung, di sisi kanan atau di sisi kiri. Selain itu, bayi dalam kandungan Anda juga bisa merasakan saat Anda sedang diam atau bergerak.

Di minggu ke-24, kadang beberapa ibu hamil mendapati perubahan tertentu pada tubuhnya yang dianggap aneh, semisal rambut yang tumbuh di beberapa bagian tubuh—bisa di bawah ketiak, di tangan, di kaki, atau lainnya. Tak perlu risau, karena itu hal yang wajar, dan Anda nanti bisa membersihkannya. Selain itu, pinggang bagian bawah kadang terasa nyeri, dan pinggul terasa tegang. Itu juga hal yang wajar, seiring makin membesarnya kehamilan.

Akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu mengikuti kelas-kelas untuk ibu hamil, misalnya senam, untuk belajar mempersiapkan kehamilan calon bayi Anda. Di kelas senam ibu hamil, Anda tidak hanya akan mendapat pengarahan berguna dari instruktur, namun juga bisa bertukar pengalaman dengan sesama ibu hamil lain.

Terakhir, yang perlu diingat, Anda harus memperoleh asupan kalsium yang cukup, yaitu 1.000 mg per hari. Selama kehamilan, kalsium sangat penting untuk membantu perkembangan bayi dan membantu pertumbuhan gigi, tulang, jantung, serta saraf bayi Anda. Semula, ibu hamil diyakini membutuhkan 1.200 mg kalsium per hari. Namun penelitian lanjutan menemukan bahwa ibu hamil cukup mengasup 1.000 mg kalsium per hari.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-25

Related

Pregnancy 3625785271050811057
item