Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-25

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-25

Naviri.Org - Jika sebelumnya kulit bayi Anda tipis dan tampak transparan, kini mulai lebih tebal. Pembuluh kapiler di bawah kulit mulai terbentuk, dan memberi warna merah muda pada kulitnya.

Struktur tulang pada tubuhnya makin terbentuk, pembuluh darah di paru-paru telah mengembang, sementara lubang hidungnya juga telah terbentuk, dan bayi Anda telah mulai berlatih bernapas memanfaatkan hidungnya. Panjang bayi Anda sekarang sekitar 13,62 inci (34,6 cm), dengan berat sekitar 1,46 pon (660 gram).

Karena pertumbuhan bayi yang terus membesar, perut Anda pun ikut membesar. Salah satu gejala umum yang biasanya muncul pada ibu hamil pada minggu ke-25 adalah munculnya rasa gatal pada tubuh.

Meskipun tidak ada ruam atau gejala apa pun yang tampak pada kulit, bisa jadi Anda merasa gatal-gatal. Itu gejala yang wajar, karena kulit tubuh Anda—khususnya di daerah perut—semakin membentang seiring pertumbuhan bayi, dan hal itu kadang diiringi rasa gatal.

Sangat disarankan untuk tidak sering menggaruk kulit akibat rasa gatal tersebut, karena bisa jadi garukan Anda malah menimbulkan luka pada kulit. Jika Anda merasa terganggu dengan rasa gatal yang muncul, Anda bisa bertanya pada dokter Anda untuk merekomendasikan losion untuk membantu mengurangi gatal.

Selain rasa gatal, gejala umum yang biasanya juga timbul pada minggu ini adalah munculnya pembengkakan di sana-sini—bukan hanya payudara, namun juga jari-jari tangan dan kaki. Anda juga mungkin merasakan kaki yang tiba-tiba mengalami kram. Jika Anda merasakan kram kaki antara minggu ke-24 hingga minggu ke-28, bisa jadi tubuh Anda membutuhkan kalsium ekstra. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium melalui kacang almond, ikan, brokoli, dan tahu.

Kemudian, pada minggu ke-25 ini, Anda perlu memastikan kadar gula dalam darah. Untuk itu, Anda bisa menghubungi dokter untuk melakukan tes. Beberapa wanita yang sedang hamil mengalami pembengkakan kaki secara mendadak, dan penting sekali untuk mengontrol kadar gula serta garam, untuk menghindarkan diabetes pada calon bayi.

Karenanya, ketika gejala bengkak seperti yang disebutkan di atas mulai terjadi, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-26

Related

Pregnancy 4373548474513286750

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item