Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-30

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-30

Naviri.Org - Karena bayi dalam kandungan Anda semakin besar, gerakannya pun semakin terasa. Kini bayi Anda telah memiliki berat sekitar 1,3 kg (2,91 pon) dengan panjang sekitar 39 cm (15 inci). Tunas gigi permanennya telah berkembang, dan menunggu di gusinya.

Bayi Anda juga telah sadar lingkungan, dan kelopak matanya akan terbuka dan menutup. Ia bahkan telah bisa memproduksi air mata. Kita mungkin cenderung berpikir rahim adalah tempat yang gelap. Namun, sebenarnya, rahim tempat tinggal bayi bisa menjadi terang dan gelap, tergantung pada lingkungan yang kebetulan sedang Anda singgahi.

Pada minggu ke-30 ini, bayi Anda telah berlatih menyusu saat ia mengisap ibu jarinya. Paru-paru dan saluran pencernaannya hampir matang, sementara lanugo (rambut-rambut halus) pada kulitnya hampir menghilang. Kuku-kuku tangan dan kakinya telah sepenuhnya muncul, sementara sumsum tulang belakangnya sekarang berperan dalam produksi sel darah merah.

Semakin bertambah usia kehamilan, ligamen di seputar daerah pelvis Anda mulai meregang, untuk memudahkan proses kelahiran bayi. Kondisi ini sering kali menyebabkan sakit punggung. Jika Anda juga mengalaminya, Anda bisa berjalan-jalan santai atau berenang beberapa putaran kolam, untuk mengatasinya. Selain itu, Anda juga perlu mengingat untuk terus menjaga postur tubuh selalu dalam posisi yang baik.

Karena kehamilan makin besar, tidur Anda mungkin terasa makin kurang nyaman. Anda bisa menggunakan bantal untuk menopang atau mendukung kaki dan perut. Selain itu, tidur ke sisi kiri juga dapat membantu Anda merasa lebih nyaman.

Jika Anda mengalami sulit tidur, Anda bisa mengatasinya dengan cara duduk tegak selama sekitar 30-45 menit setelah makan malam. Jika Anda mengalami mulas saat tidur, cobalah tidur di kursi malas. Beberapa ibu hamil juga menyatakan bahwa makan kecil atau makan lebih sering dapat membantu mengurangi mulas saat tidur.

Selain itu, kurangi makanan pedas, makanan berminyak, juga makanan berat yang sulit dicerna. Jika Anda ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu sehubungan dengan rasa mulas yang Anda rasakan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-31

Related

Pregnancy 646931137375499655
item