Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-27

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-27

Naviri.Org - Perkembangan otak bayi Anda terus tumbuh dengan pesat, begitu pula dengan perkembangan paru-paru serta sistem kekebalan tubuhnya, sebagai persiapan untuk lahir ke dunia. Kelopak matanya mulai membuka, dan retina mulai terbentuk. Pada tahap ini, sambungan saraf dari mata ke otak akan mulai terbentuk, yang disebut saraf optik. Ukuran bayi pun terus berkembang, dan kini telah berbobot 1,93 pon (875 gram) dengan panjang sekitar 14,41 inci (36,6 cm).

Minggu ke-27 merupakan akhir trimester kedua dan awal memasuki trimester ketiga kehamilan. Yang perlu diingat pada trimester ketiga adalah berhati-hati dalam beraktivitas, dan hindari hal-hal yang ekstrem seperti benturan, trauma, atau semacamnya, karena bisa memicu kelahiran prematur.

Meski bayi yang lahir pada awal trimester ketiga memiliki peluang besar untuk tetap hidup, namun juga mengandung sejumlah risiko. Karenanya, sekali lagi, sangat disarankan untuk hati-hati melakukan segala hal dan aktivitas.

Jika Anda bekerja di luar rumah, hubungilah atasan Anda dan minta cuti. Begitu pula jika Anda kebetulan sedang/masih kuliah. Jika pekerjaan atau aktivitas kuliah Anda kebetulan tidak bisa ditinggal, atau Anda belum mendapat jatah cuti, sangat baik jika Anda minta suami atau kakak/adik untuk menjaga aktivitas Anda di luar rumah.

Selain itu, tetaplah konsumsi makanan sehat dan bergizi dalam jumlah cukup, dan jauhi makanan atau minuman yang berbahaya. Sekadar informasi, kafein (yang terkandung dalam kopi, misalnya) juga perlu dihindari.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-28

Related

Pregnancy 568170418524030029

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item