Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas (1)

Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh akta notaris terkait pendirian perseroan terbatas atau PT. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Nomor: (…………)

Pada hari ini, hari (…………)

Hadir dihadapan saya, (…………), Sarjana Hukum, Notaris di (…………), dengan dihadiri oleh saksi-saksi yang saya, Notaris, kenal dan akan disebutkan pada bagian akhir akta ini.

1. Tuan (…………), lahir di (…………), pekerjaan (…………), tinggal di (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………), Warga Negara Indonesia; menurut keterangannya dalam hal ini bertindak sebagai Presiden Direktur dari dan dengan demikian untuk dan atas nama perseroan terbatas PT (…………), sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang didirikan menurut Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970, berdomisili di (…………) (selanjutnya disebut sebagai “Pemegang Saham Asing”)

I. Tuan (…………),
pekerjaan (…………),
tinggal di (…………),
pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor: (…………),Warga Negara Indonesia; menurut keterangannya dalam hal ini bertindak sebagai Presiden Direktur dari dan dengan demikian untuk dan atas nama perseroan terbatas PT. (…………), sebuah perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), berdomisili di (…………), Jawa Barat (selanjutnya disebut sebagai “Pemegang Saham Indonesia”)

- Para penghadap telah dikenal oleh saya, Notaris.

- Para penghadap bertindak berdasarkan kedudukannya masing-masing tersebut di atas dengan ini menyatakan bahwa, tanpa mengabaikan perolehan perizinan dari pihak yang berwenang, bersepakat untuk secara bersama-sama mendirikan suatu perseroan terbatas dengan anggaran dasar sebagaimana yang tercantum dalam akta pendirian ini, (selanjutnya dalam akta pendirian ini cukup disingkat menjadi “Anggaran Dasar”).

Pasal 1
NAMA DAN DOMISILI 

1. Perusahaan tersebut diberi nama PT. (…………), (selanjutnya dalam Anggaran Dasar ini cukup disebut dengan “Perusahaan”) berdomisili di [___], Indonesia.

2. Perusahaan boleh membuka kantor-kantor cabang atau kantor-kantor perwakilan di tempat-tempat lain, baik di dalam maupun di luar Wilayah Negara Republik Indonesia.

Pasal 2 
JANGKA WAKTU

Perusahaan didirikan untuk jangka waktu [___] ([___]) tahun berturut-turut terhitung sejak tanggal [___] ([___])        

Pasal 3 
MAKSUD DAN TUJUAN

1. Maksud dan tujuan Perusahaan adalah sebagai berikut:

(a) melaksanakan pemasaran, penjualan, pemasokan, pemasangan, dan produksi sistem “dinding kering” yang meliputi sistem yang terdiri atas produk-produk yang dibentuk dari logam gulung, dan produk-produk serta jasa-jasa yang berhubungan dengan produk tersebut.

(b) melaksanakan kegiatan usaha dengan mengambil saham di perusahaan-perusahaan patungan atau anak perusahaan, yang berusaha di wilayah negara Republik Indonesia sesuai dengan yang dipandang perlu oleh para pemegang saham Perusahaan tanpa mengabaikan hukum dan peraturan berlaku.

2. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas, Perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan usaha sebagai berikut:

(a) melaksanakan produksi, penjualan, pendistribusian, dan pemasangan sistem “dinding kering” yang meliputi sistem yang terdiri atas produk-produk yang dibentuk dari logam gulung, dan produk-produk serta jasa-jasa yang berhubungan dengan produk tersebut.

(b) menguasai tanah dan sarana berwujud lain yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan usaha.        
(c) mengimpor (jika diperlukan) mesin-mesin, perlengkapan, suku cadang, bahan baku, dan barang-barang lain yang diperlukan untuk mendukung pencapaian maksud dan tujuan perusahaan.

(d) melaksanakan semua tindakan dan kegiatan dalam arti yang seluas-luasnya, dalam rangka mencapai maksud dan tujuan perusahaan tersebut di atas.

Pasal 4 
MODAL 

1. Modal dasar Perseroan adalah sebesar US $ [___] ([___] Dollar Amerika Serikat) terbagi dalam [___] ([___]) lembar saham, yang masing-masingnya bernilai nominal US $ [___] ([___] Dollar Amerika Serikat).

2. Dari modal dasar tersebut di atas, sejumlah saham berikut ini telah diambil oleh dan akan dikeluarkan untuk:        

(a) PT. (…………),[___] ([___]) lembar saham dengan nilai nominal per lembar US$ [___] ([___] Dolar Amerika Serikat) sehingga jumlah keseluruhannya adalah (US$ [___])[___] Dollar Amerika Serikat.  

Baca lanjutannya: Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas (2)

Related

Business 7193252125407529537
item