Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas (2)

 Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas

Naviri.Org - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

(b) PT (…………), [___] ([___]) lembar saham dengan nilai nominal per lembar US$ [___] ([___] Dollar Amerika Serikat) sehingga jumlah keseluruhannya adalah US$ [___] ([___] Dollar Amerika Serikat).

3. Masing-masing modal yang ditempatkan tersebut di atas akan disetor kepada Perusahaan paling lambat pada tanggal disahkannya akta pendirian ini oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia.

Pasal 5 
SAHAM 

1. Semua saham Perusahaan harus merupakan saham tercatat dan dikeluarkan atas nama pemiliknya.

2. Perusahaan hanya akan mengakui 1 (satu) orang atau perusahaan sebagai pemilik sah satu lembar saham.

3. Jika karena alasan tertentu satu lembar saham menjadi milik beberapa orang, para pemegang saham yang secara bersama-sama memiliki lembar saham yang sama tersebut harus menyatakan secara tertulis bahwa mereka menunjuk 1 (satu) orang di antara mereka atau seseorang lainnya untuk mewakili mereka dalam kepemilikan saham, dan hanya nama wakil mereka itulah yang berwenang untuk menggunakan semua hak atas saham tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

4. Selama ketentuan yang dimaksud dalam alinea 3 di atas belum dipenuhi, para pemegang saham yang dimaksud tidak berhak untuk memungut suara dalam Rapat Umum Para Pemegang Saham Perusahaan, dan pembayaran dividen atas saham tersebut juga harus ditangguhkan.

5. Pemegang Saham menurut hukum berkewajiban untuk memenuhi ketentuan dalam Anggaran Dasar dan mematuhi semua keputusan yang secara sah telah ditetapkan dalam Rapat Umum para Pemegang Saham, serta harus mentaati semua peraturan dan hukum yang berlaku.

6. Perusahaan paling sedikit harus mempunyai 2 (dua) pemegang saham.

Pasal 6
SURAT SAHAM 

1. Perusahaan harus mengeluarkan Surat Saham.

2. Jika surat saham dikeluarkan, setiap saham harus mempunyai lembar Surat Sahamnya.

3. Surat Saham Kolektif dapat dikeluarkan sebagai bukti kepemilikan 2 (dua) atau lebih saham oleh 1 (satu) pemegang saham.  

4. Surat Saham paling tidak harus memuat keterangan sebagai berikut:

(a) Nama dan alamat pemegang saham;
(b) Nomor Surat Saham;
(c) Tanggal pengeluaran Surat Saham;
(d) Nilai nominal saham.

5. Surat Saham Kolektif paling tidak harus memuat keterangan sebagai berikut:

(a) Nama dan alamat pemegang Saham;
(b) Nomor Surat Saham Kolektif;
(c) Tanggal pengeluaran Surat Saham Kolektif;
(d) Nilai nominal saham;.
(e) Jumlah lembar saham.

6. Surat Saham dan Surat Saham Kolektif harus ditandatangani oleh Presiden Direktur (atau Direktur Pelaksana) setelah menerima notulen Rapat Umum Pemegang Saham yang menyatakan persetujuan terhadap penerbitan Saham tersebut.      

Jika disetujui oleh semua Pemegang Saham dapat diterima sebagai tanda persetujuan tersebut.    

Pasal 7 
PENGGANTIAN SURAT SAHAM 

1. Jika suatu lembar saham rusak atau tidak dapat digunakan lagi, Dewan Direksi dapat mengeluarkan penggantinya atas permintaan tertulis pemegang saham yang bersangkutan kepada Dewan Direksi.

2. Jika suatu Surat Saham pengganti telah dikeluarkan sebagaimana yang disebut dalam Alinea 1, surat saham aslinya atau lembarnya yang tersisa harus dimusnahkan dan hal tersebut harus dimuat dalam suatu berita acara yang akan dilaporkan oleh Dewan Direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham berikutnya.

3. Jika suatu Surat Saham hilang, atas permintaan pemegang saham yang bersangkutan penggantinya dapat diberikan kepadanya, asalkan menurut pendapat Dewan Direksi bahwa hilangnya surat saham tersebut telah cukup dibuktikan dan asalkan jaminan yang diharuskan oleh Dewan Direksi untuk kasus tertentu telah diserahkan.          

4. Pengeluaran surat saham pengganti sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal ini membuat surat saham aslinya tidak berlaku lagi bagi perusahaan.

Baca lanjutannya: Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas (3)

Related

Business 3423880537163250648
item