Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas (3)

Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas

Naviri.Org - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. Semua biaya yang dikeluarkan berkenaan dengan penerbitan surat saham pengganti sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal ini ditanggung oleh pemegang saham yang bersangkutan.

6. Ketentuan-ketentuan dalam alinea 1 sampai dengan 5 dari Pasal ini berlaku juga secara mutatis mutandis pada pengeluaran pengganti surat saham kolektif.

Pasal 8 
REGISTER SAHAM DAN REGISTER KHUSUS

1. Perusahaan membuat dan menempatkan Buku Register dan Register Khusus di kantor Perusahaan          

2. Buku ini mencatat hal-hal sebagai berikut:

(a) nama dan alamat para pemegang saham;
(b) nilai saham, jumlah lembar saham, tanggal pemerolehan surat saham atau surat saham kolektif yang dimiliki oleh para pemegang saham;
(c) jumlah modal yang disetor sesuai dengan nilai masing-masing saham;
(d) nama dan alamat orang atau badan hukum yang memegang saham Perusahaan sebagai jaminan dan tanggal saham-saham tersebut dijaminkan;
(e) keterangan mengenai penyetoran modal saham dibayarkan dalam bentuk selain uang tunai;  
(f) keterangan-keterangan lain yang dianggap perlu oleh Dewan Direksi.

3. Register Khusus memuat keterangan mengenai kepemilikan saham oleh para anggota Dewan Direksi dan Dewan Komisaris dan keluarga mereka, baik yang di dalam Perusahaan dan/atau di perusahaan lain, dan buku ini juga mencatat tanggal pemerolehan saham-saham tersebut.

4. Para pemegang saham diwajibkan untuk memberitahukan perubahan alamat mereka secara tertulis kepada Dewan Direksi Perusahaan.

- Selama pemberitahuan tersebut belum dilaksanakan, semua panggilan dan pengumuman kepada para pemegang saham dianggap sah jika telah dikirimkan ke alamat-alamat yang terakhir tercatat dalam Buku Register Saham tersebut.      

5. Dewan Direksi berkewajiban menyimpan Buku Pencatatan Pemegang Saham dan Register Khusus dengan cara yang sebaik-baiknya.

6. Buku Saham dan Register Khusus harus tersedia untuk diperiksa oleh setiap pemegang saham pada waktu jam buka kantor Perusahaan.

Pasal 9
PENGALIHAN HAK ATAS SAHAM 

1. Setiap pengalihan hak atas perusahaan harus dituangkan dalam suatu akta pengalihan hak atas saham yang harus ditandatangani baik oleh pemegang saham yang mengalihkan hak atas sahamnya, maupun oleh pihak yang menerima pengalihan hak atas saham tersebut (atau oleh wakil-wakil sah mereka).

2. Akta pengalihan hak atas saham sebagaimana yang dimaksud dalam Alinea 1 di atas atau seperangkat salinannya harus diserahkan kepada Perusahaan.

3. Setiap pemegang saham Perusahaan yang bermaksud menjual sahamnya harus memberitahukan secara tertulis kepada para pemegang saham lainnya. Pemberitahuan itu memuat juga harga dan persyaratan penjualan saham, serta memberitahukan hal ini secara tertulis kepada Dewan Direksi.

4. Para pemegang saham lainnya yang berniat membeli saham ditawarkan tersebut harus memberitahukan kepada pemegang saham yang hendak menjual sahamnya dan kepada Dewan Direksi Perusahaan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari terhitung sejak mereka menerima pemberitahuan Penawaran tersebut, dan pembelianya sebanding dengan proporsi jumlah saham yang telah dimilikinya.

5. Perusahaan harus menjamin bahwa semua saham yang ditawarkan sebagaimana yang disebut dalam alinea 3 di atas dibeli dengan harga wajar, dan dibayar dengan uang tunai dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal penawaran.

6. Seandainya perusahaan tidak mampu menjamin penjualan saham sebagaimana yang diuraikan dalam alinea di atas, pemegang saham yang bermaksud menjual saham harus terlebih dulu menawarkan sahamnya tersebut (dengan harga dan persyaratan yang sama) kepada para karyawan perusahaan sebelum menawarkannya kepada pihak ketiga.  

7. Seandainya para pemegang saham lainnya tidak berkehendak membeli keseluruhan saham yang ditawarkan, pemegang saham yang bermaksud menjual sahamnya tersebut berhak untuk mencabut kembali surat penawaran penjualan sahamnya setelah berlalunya jangka waktu sebagaimana yang disebut dalam alinea 4.

Baca lanjutannya: Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Perseroan Terbatas (4)

Related

Business 4675805865761506943

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item