100 Film Action Terbaik Sepanjang Masa

  100 Film Action Terbaik Sepanjang Masa

Naviri.Org - Ada banyak genre dalam film, meliputi genre drama, komedi, fantasi, hingga aksi (action). Masing-masing orang memiliki kesukaan terhadap genre film favorit, dan genre action sepertinya menjadi salah satu genre film yang banyak disuka. Terbukti, film-film action selalu laris manis dan ditunggu-tunggu banyak orang.

Jika genre drama menyuguhkan kisah yang menyentuh, genre komedi mampu membuat penonton tertawa, maka genre action kerap menyuguhkan aksi-aksi memukau yang membuat penonton tercekam menyaksikannya. Berikut ini adalah daftar 100 film action yang dianggap terbaik sepanjang masa, karena memiliki berbagai unsur yang memikat, dan selalu enak ditonton kapan pun.

Metropolis (1927)

Metropolis adalah film kuno, yang merupakan film fiksi ilmiah pertama di dunia. Film ini menyuguhkan cerita futuristik mengenai kota dan teknologi yang sebelumnya tidak pernah ada. Film ini memiliki pengaruh besar dalam perkembangan film-film selanjutnya, hingga Christopher Nolan, sutradara terkenal Hollywood, disebut-sebut mendapatkan banyak inspirasi dari film ini.

Sebagai film bersejarah, Metropolis tidak dibuat di Hollywood, melainkan di Jerman. Film ini disutradarai Fritz Lang. Karena film kuno, penyajian gambarnya pun masih seadanya, karena peralatan film di masa itu belum secanggih sekarang. Selain itu, film ini juga masih “bisu”, karena percakapan pemain dalam film belum bisa disimak penonton.

King Kong (1933)

Dunia film telah melahirkan monster-monster terkenal, di antaranya Godzilla dan King Kong. Sosok King Kong diperkenalkan pertama kali melalui film yang dirilis pada tahun 1933. Film buatan RKO Pictures ini segera populer, dan sejak itu di-remake berkali-kali sampai sekarang.

King Kong adalah nama untuk sesosok monster raksasa fiktif, yang digambarkan memiliki wujud mirip gorila, berbulu lebat, berukuran raksasa, dan tampak buas serta mengerikan.

The Adventures of Robin Hood (1938)

Skenario film pertama mengenai sosok Robin Hood ditulis oleh Joby Harold. Belum lama, dia menyutradarai film terkenal berjudul Edge of Tomorrow, yang diperankan Tom Cruise.

Kisah Robin Hood berakar dari cerita rakyat Inggris, yang menggambarkan pemberontakan yang berpihak pada rakyat jelata untuk melawan tirani penguasa. Robin Hood dikenal sebagai ahli panah dan ahli pedang, yang mencuri dari orang kaya untuk dibagi-bagikan kepada rakyat miskin. Kisah kepahlawanan ini telah difilmkan berulang kali, dan selalu berhasil menarik penonton.

The Lego Movie (2014)

The Lego Movie adalah film tentang permainan lego. Yang menarik, film ini dibuat dengan sangat serius, hingga hasilnya menakjubkan. Tidak hanya anak-anak yang terpukau saat menonton The Lego Movie, tapi juga orang-orang tua. Film dengan durasi 90 menit itu bahkan disebut-sebut sebagai film tersukses yang pernah ada.

Karena melibatkan permainan lego, dan film itu juga diproduksi perusahaan lego yang menggunakan merek lego, para ahli marketing menyebut The Lego Movie sebagai film iklan. Tapi yang jelas, film ini benar-benar mengagumkan.

Seven Samurai (1954)

Seven Samurai adalah film produksi Jepang, dengan judul asli Shichinin no Samurai. Film ini disutradarai Akira Kurosawa, dan dibintangi oleh Toshiro Mifune, Takashi Shimura, serta Keiko Tsushima.

Sejak dirilis pada 1954, Seven Samurai segera menciptakan popularitas di seluruh dunia. Film ini memiliki durasi yang panjang, mencapai 207 menit, namun tidak membosankan untuk ditonton.

Lawrence of Arabia (1962)

Sama seperti Seven Samurai, film Lawrence of Arabia juga memiliki durasi panjang, mencapai 216 menit. Film ini mengisahkan epik biografi T. E. Lawrence, tokoh Inggris yang benar-benar ada. Film yang diproduksi Inggris pada 1962 ini dibintangi oleh Peter O’Toole, dan meraih 7 Academy Award, di antaranya untuk gambar terbaik.

Lawrence of Arabia memicu kontroversi saat dirilis, karena sebagian orang tidak sepakat dengan isi film, meski sebagian lain menyetujui. Yang jelas, film ini menunjukkan bagaimana peran Inggris di balik Kerajaan Saudi Arabia.

Up (2009)

Up adalah film action namun berbentuk kartun atau animasi. Film ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios, dan didistribusikan oleh Walt Disney. Penayangan film Up, pada 29 Mei 2009, menjadi salah satu tonggak bersejarah dalam industri film Hollywood.

Berbeda dengan umumnya film animasi lain, Up memiliki alur cerita yang baik, dan belum pernah diperlihatkan di film animasi lainnya. Karenanya tidak mengherankan jika Up menjadi film terbaik sekaligus film animasi terbaik pada 2009.

Apocalypse Now (1979)

Apocalypse Now adalah film yang menyuguhkan kisah perang, dan dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Karena tidak heran jika film ini menyabet penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes, dan masuk nominasi Academy Award untuk Kategori Best Picture, juga masuk Golden Globe Award.

Apocalypse Now disutradarai oleh Francise Ford Coppola. Naskahnya ditulis oleh John Milius, Francis Coppola, dan Michael Herr. Sementara para pemain yang terlibat dalam film ini meliputi Martin Sheen, Marlon Brando, Robert Duvall, Federic Forest, Albert Hall, Sam Bottoms, Laurence Fishburne, Dennis Hopper, G.D Spradlin, Jerry Ziesmer, Harrison Ford, Scott Glenn, dan Aurore Clement.

The Treasure of the Sierra Madre (1948)

The Treasure of the Sierra Madre dianggap sebagai film Hollywood pertama yang lokasi syutingnya lebih banyak di luar Amerika Serikat. Film yang diangkat dari novel karya B. Traven ini disutradarai oleh John Huston.

Pada tahun 1990-an, The Treasure of the Sierra Madre direkomendasikan oleh lembaga film Amerika dan Library of Congress sebagai salah satu film dengan aspek budaya dan latar belakang sejarah Amerika terbaik.

The 39 Steps (1935)

The 39 Steps adalah film aksi spionase yang menegangkan, sekaligus memantik rasa penasaran penonton hingga film berakhir. Film ini mengisahkan tentang Richard Hannay yang pergi ke London untuk berlibur. Di sana dia bertemu wanita bernama Annabella Smith, yang sedang dicari agen rahasia. Richard tergerak menolong, tapi malam harinya ia menemukan Annabella dalam keadaan sekarat, dengan punggung tertusuk pisau.

Sebelum tewas, Annabella memberi petunjuk kepada Richard yang mengarah kepada The 39 Step, sehingga Richard harus melarikan diri dari kejaran polisi dan agen-agen rahasia yang mengincar Anabella.

Jaws (1975)

Jaws mengisahkan serangan hiu ganas, yang disuguhkan dengan sangat menawan sekaligus menegangkan oleh sutradara terkenal, Steven Spielberg. Film ini masuk dalam daftar film aksi terbaik di dunia.

Film Jaws dibintangi oleh Roy Scheider, Richard Dreyfus, Robert Shaw, Lorraine Gary, dan Murray Hamilton. Lokasi pengambilan film di pantai Amity Island, tempat kisah asli film tersebut diangkat.

The Good, the Bad and the Ugly (1966)

Pada abad ke-19, Amerika Serikat menjadi wilayah yang melahirkan banyak tukang tembak yang terkenal keras dan jauh dari hukum. Kenyataan itulah yang kemudian melahirkan film-film koboy, yang dikenal dengan istilah “western”. Salah satu film yang lahir dari hal itu adalah The Good, the Bad and the Ugly.

Film ini disutradarai oleh Sergio Leony, dengan durasi 177 Menit. Dirilis pada tahun 1966, dan menjadi salah satu film aksi terbaik sepanjang masa.

The Searchers (1956)

The Searchers termasuk film western klasik, yang selalu menyenangkan untuk ditonton, khususnya oleh penggemar film-film koboy. Film yang disutradarai John Ford ini melibatkan aktor-aktor besar di masa itu, di antaranya John Wayne, Jeffrey Hunter, Vera Miles, dan Natalie Wood.

Yang menjadikan The Searchers istimewa, karena film ini menggunakan format technicolor, dan menyuguhkan cerita aksi yang seru serta menegangkan.

Star Trek (2009)

Star Trek adalah film aksi serial yang menyuguhkan petualangan mendebarkan. Karenanya, seri film ini selalu menarik penonton. Seri yang terbaru, Star Trek Beyond, bahkan membuat para penonton di Indonesia penasaran, karena film tersebut melibatkan aktor Indonesia, Joe Taslim.

Di antara film-film Star Trek, yang dianggap terbaik sepanjang masa adalah Star Trek yang dirilis pada tahun 2009.

The Hurt Locker (2008)

The Hurt Locker adalah film yang menyuguhkan kisah perang, khususnya tentang tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) yang dibentuk oleh tentara Amerika Serikat selama perang di Irak.

Film ini dirilis di Italia pada 2008, namun dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2009. Disutradarai oleh Kathryn Bigelow, The Hurt Locker dibintangi oleh aktor-aktor ternama, seperti Jeremy Renner, Anthony Mackie, Brian Geratghty, dan lainnya.

Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 (2011)

Harry Potter and the Deathly Hallows adalah film penutup dari serangkaian film seri Harry Potter sebelumnya. Film ini diangkat dari novel serial karya J.K. Rowling, yang difilmkan dengan judul-judul yang sama. Bedanya, dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows, seri ini dipecah menjadi dua bagian.

Dalam film terakhir seri Harry Potter ini, penonton akhirnya tahu bagaimana kisah akhir pertarungan antara Harry Potter dengan Lord Voldemort. Baik di novelnya atau di filmnya, kisah ini selalu menawan.

Wall E (2008)

Wall E adalah film aksi dalam bentuk animasi, yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios, dan didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Selain menjadi judul film, Wall E adalah nama tokoh utama dalam film.

Film animasi ini disutradatrai oleh Andrew Stanton, yang sebelumnya juga menyutradarai film animasi lain, berjudul Finding Nemo.

The Dark Knight (2008)

The Dark Knight adalah film besutan Christopher Nolan yang mengisahkan sosok superhero Batman. Merupakan film lanjutan atau kedua setelah Batman Begins, yang juga digarap Christopher Nolan. Berbeda dengan film-film Batman sebelumnya—yang disutradarai orang lain—film Batman kali ini jauh lebih bagus dan lebih memukau.

Dalam The Dark Knight, Batman berhadapan dengan sosok musuh yang berbahaya sekaligus gila, yang dikenal sebagai The Joker. Musuh Batman ini bahkan kemudian sangat terkenal, seperti sang tokoh utama.

Terminator (1984)

Dibintangi Arnold Schwarzenegger, Terminator adalah film aksi futuristik yang mengisahkan penyerbuan robot-robot ke kehidupan manusia di bumi. Film besutan sutradara James Cameron ini dikenal sebagai salah satu film terbaik sepanjang sejarah.

Meski termasuk film lawas, karena dibuat pada 1984, namun film Terminator masih asyik ditonton saat sekarang. Kisah dan penggambaran di dalamnya sangat bagus dan memukau.

Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back adalah salah satu seri dalam rangkaian film fiksi ilmiah Star Wars. Film besutan George Lucas ini menjadi salah satu film terpenting dalam industri film dunia, khususnya di Hollywood.

Star Wars merupakan rangkaian enam film yang dipecah dalam dua trilogi, yaitu trilogi prekuel dan trilogi sekuel. Trilog prekuel adalah trilogi baru, sedangkan trilogi sekuel adalah trilogi asli.

Selain 20 film yang telah disebutkan di atas, berikut ini 80 film lainnya, yang juga masuk dalam daftar 100 film action terbaik sepanjang masa:
  1. The Wild Bunch (1969)
  2. Once Upon a Time in the West (1968)
  3. The French Connection (1971)
  4. Aliens (1986)
  5. True Grit (2010)
  6. Badlands (1973)
  7. Kumonosu Jô (Throne of Blood) (Macbeth) (1957)
  8. Dr. No (1962)
  9. Aguirre der Zorn Gottes (Aguirre the Wrath of God) (1972)
  10. Who Framed Roger Rabbit (1988)
  11. Marvel’s The Avengers (2012)
  12. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)
  13. A Fistful of Dollars Per un Pugno di Dollari (1964)
  14. Ran (1985)
  15. Skyfall (2012)
  16. The Princess Bride (1987)
  17. Back to the Future (1985)
  18. Casino Royale (2006)
  19. The Bourne Ultimatum (2007)
  20. Goldfinger (1964)
  21. Chicken Run (2000)
  22. No Country for Old Men (2007)
  23. The Right Stuff (1983)
  24. Spartacus (1960)
  25. Looper (2012)
  26. Babe (1995)
  27. From Russia With Love (1963)
  28. Catch Me If You Can (2002)
  29. Iron Man (2008)
  30. Crouching Tiger Hidden Dragon (2001)
  31. Jurassic Park (1993)
  32. Spider Man II (2004)
  33. Raiders of the Lost Ark (1981)
  34. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)
  35. One False Move (1992)
  36. The Seventh Seal (Det Sjunde inseglet) (1957)
  37. Star Wars: Episode IV – A New Hope 1977)
  38. Ghostbusters (1984)
  39. Gojira (1954)
  40. All Is Lost (2013)
  41. The Bridge on the River Kwai (1957)
  42. Apollo 13 (1995)
  43. The Fugitive (1993)
  44. Yellow Submarine (1968)
  45. The Secret of Roan Inish (1994)
  46. Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2005)
  47. The Twilight Samurai (Tasogare Seibei) (2002)
  48. Full Metal Jacket (1987)
  49. Diva (1981)
  50. The Town (2010)
  51. Superman (1978)
  52. Drive (2011)
  53. The Departed (2006)
  54. Enter the Dragon (1973)
  55. Fantastic Mr. Fox (2009)
  56. Mission Impossible: Ghost Protocol (2011)
  57. The Straight Story (1999)
  58. Hero (2004)
  59. Close Encounters of the Third Kind (1977)
  60. Three Kings (1999)
  61. In the Line of Fire (1993)
  62. Ten Canoes (2006)
  63. Paths of Glory (1957)
  64. Mad Max (1979)
  65. Supercop (Police Story 3) (1992)
  66. Blindsight (2008)
  67. 13 Assassins (2011)
  68. The Hunt for Red October (1990)
  69. Mountain Patrol: Kekexili (2006)
  70. Source Code (2011)
  71. The Dark Knight Rises (2012)
  72. Saving Private Ryan (1998)
  73. District 9 (2009)
  74. Midnight Run (1988)
  75. The Lion King (1994)
  76. The Hunger Games: Catching Fire (2013)
  77. The Adventures of Baron Munchausen (1989)
  78. Out of Sight (1998)
  79. Inglourious Basterds (2009)
  80. Rocky (1976)

Baca juga: 100 Lagu Slow Rock Terbaik Sepanjang Masa

Related

Entertaintment 3639172109943235332
item