Bahan-bahan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahan-bahan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh dari beberapa bahan alami dan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk tujuan perawatan kesehatan dan kecantikan, khususnya bagi kaum wanita.

Lidah buaya (Aloe vera L.)

Khasiat: Untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, flek hitam, menyuburkan dan juga menguatkan rambut, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sakit kepala, pusing, dan lain-lain.

Lignin yang terkandung di dalam gel lidah buaya mampu meresap ke dalam kulit dan dapat berfungsi menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga dengan demikian kulit tidak menjadi cepat kering dan lebih terjaga tingkat kelembabannya.

Alpukat (Persea gratissima Gaertn.)

Buah alpukat memiliki khasiat dalam melembabkan kulit yang kering, sariawan, dan juga menurunkan kolesterol (asal tidak memakai gula / madu / susu dalam mengkonsumsinya).

Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat sangat baik untuk perawatan kulit wajah, terutama bagi kulit yang kering.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) 

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina, mengatasi jerawat, gangguan lambung dan hati, gangguan haid, anemia, dan lain-lain.

Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang, hepatoprotektor (melindungi hati dari kerusakan), dan juga berfungsi sebagai anti bakteri.

Kiwi (Actinidia chinensis)

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina tubuh, mencegah kanker, menjaga kecantikan kulit, mempercepat penyembuhan luka atau penyakit, dan lain-lain.

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik jika digunakan sebagai antioksidan dan untuk tujuan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkudu (Morinda citrifolia L.)

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina, mengatasi kolesterol tinggi, hipertensi, kegemukan, untuk pelembut kulit, ketombe, mencegah kanker, dan lain-lain.

Mengkudu mengandung damnachanthal yang berfungsi sebagai anti kanker, dan juga mengandung terpenten yang berfungsi dalam hal peremajaan sel kulit.

Wortel (Daucus carota)

Khasiat: Untuk menjaga kesehatan mata, radang kulit, mencegah kanker, meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol, mencegah keracunan logam berat, dan lain-lain.

Wortel mengandung beta-karoten yang memiliki khasiat sebagai anti oksidan, memerangi radikal bebas, dan juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Sambiloto (Andrographis paniculata) 

Khasiat: Dapat digunakan sebagai anti radang, jerawat, hepatitis, kencing manis, bronkhitis, keputihan, demam, influenza, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain.

Pegagan (Centella asiatica Urb.)

Khasiat: Untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina, mengatasi radang kulit, demam, susah tidur, bronkhitis, batuk darah, flek paru-paru, dan lain-lain.

Pegagan mengandung asiaticoside, asiatic acid dan madecassic acid yang mampu mempercepat pembentukan kolagen yang turut berperan dalam proses penyembuhan luka.

Daun dewa (Gynura pseudo-china)

Khasiat: Untuk mengatasi gangguan haid, kista, meningkatkan sirkulasi darah, kolesterol tinggi, hipertensi, mencegah tumor, dan lain-lain.

Kencur (Kaempferia galanga)

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina, mengatasi bau mulut, batuk, masuk angin, perut kembung, nyeri haid, dan lain-lain.

Komponen etil-p-metoksisinamat yang terdapat pada minyak atsiri kencur mempunyai efek untuk melindungi kulit.

Baca juga: Merawat Kesehatan dan Kecantikan secara Alami

Related

Beauty 8845322538346690137

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item