Selangkah Lagi, iPhone 14 Akan Memiliki Fitur Telepon Satelit

Selangkah Lagi, iPhone 14 Akan Memiliki Fitur Telepon Satelit

Menjelang peluncuran iPhone 14 yang semakin dekat, rumor soal dukungan fitur telepon satelit semakin santer terdengar. Menurut kabar terbaru, sepertinya fitur ini selangkah lagi akan hadir di iPhone 14.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan Apple sudah menyelesaikan uji coba hardware untuk fitur telepon satelit di iPhone 14. Tapi Apple harus menegosiasikan model bisnis dengan operator jika ingin menyertakan fitur itu di iPhone 14.

Menurut Kuo, ada atau tidaknya fitur telepon satelit di iPhone 14 akan bergantung pada apakah Apple dan operator bisa menyetujui model bisnisnya. Pasalnya, persetujuan ini yang sebelumnya membuat kehadiran fitur telepon satelit di iPhone terhambat.

Kuo menambahkan, Apple sebenarnya sudah menyelesaikan hardware yang memungkinkan iPhone 13 berkomunikasi dengan satelit, tapi mereka tidak bisa mencapai kesepakatan bisnis dengan operator. Kuo dan beberapa analis lainnya sebelumnya memprediksi bahwa fitur telepon satelit akan hadir di iPhone 13 yang tentu saja tidak menjadi kenyataan.

Menurut prediksi terbaru Kuo, cepat atau lambat iPhone akan memiliki fitur yang mendukung komunikasi dengan satelit, tapi yang menjadi tanda tanya adalah kapan fitur ini akan diluncurkan. Apakah dengan iPhone 14 tahun ini atau menunggu iPhone 15 tahun depan.

Operator seluler di Amerika Serikat mungkin akan sulit diajak deal dengan Apple karena mereka juga berencana menawarkan fitur dan paket komunikasi satelit.

Sebut saja operator T-Mobile yang belum lama ini mengumumkan kerjasama dengan SpaceX untuk meluncurkan sistem komunikasi darurat berbasis satelit yang diklaim akan bisa digunakan oleh banyak ponsel 5G.

Tidak hanya operator seluler di AS, Apple juga harus memiliki deal dengan operator internasional dan bahkan pemerintah setempat karena cakupan jaringan satelit biasanya meliputi seluruh dunia.

Kapan iPhone 14 Dirilis di Indonesia?

Jika fitur telepon satelit ini jadi diluncurkan, pengguna iPhone 14 bisa menggunakan ponselnya untuk melaporkan keadaan darurat atau mengirimkan pesan ke kontak meski berada di lokasi tanpa sinyal.

Rumor mengindikasikan, Apple akan bermitra dengan Globalstar. Konsultan komunikasi satelit Tim Ferrar memprediksi Apple dan Globalstar akan meluncurkan fitur telepon satelit untuk iPhone 14.

Related

Smartphone 7524058369073750574

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item