Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-39

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-39

Naviri.Org - Bahkan sampai minggu terakhir, bayi Anda masih terus tumbuh, sehingga ruangnya dalam rahim pun semakin sempit. Karena tidak lagi memiliki banyak ruang dalam rahim, gerakannya mulai lambat. Pada titik ini, semua sistem organ yang dikembangkan sudah menempati posisi dan fungsinya.

Meski begitu, bayi Anda masih membangun lapisan lemak untuk membantu mengontrol suhu tubuh setelah kelahiran. Kini beratnya sekitar 3,28 kg (7,25 pon), dengan panjang sekitar 50,7 cm (19,96 inci). Sekadar catatan, berat antara 2,5 kg hingga 4 kg merupakan batasan yang sehat bagi bayi baru lahir.

Minggu ini adalah saat menunggu kehadiran sang bayi. Karena bayi mungkin turun ke panggul Anda sekarang, Anda pun mungkin merasa sangat besar dan agak kikuk dalam bergerak. Hal itu terjadi karena pergeseran pusat gravitasi, sehingga membuat Anda merasa tidak seimbang.

Meski begitu, Anda sekarang bisa bernapas lebih mudah, karena rahim tidak menekan diafragma Anda lagi. Namun, karena rahim sekarang menekan kandung kemih, Anda mungkin akan sering ke toilet untuk buang air kecil.

Untuk persiapan menyusui bayi, Anda harus lebih memperhatikan tingkat gizi dan asupan yang terbaik untuk dikonsumsi. Disarankan untuk makan dengan 500 kalori ekstra per hari. Rata-rata, ibu menyusui biasanya mengeluarkan sekitar 425-700 kalori dalam sehari. Kalori tambahan dapat Anda peroleh dari makanan berikut ini:
  1. Roti/sereal/beras; 9 porsi per hari.
  2. Susu/keju/susu; 3 porsi per hari.
  3. Buah-buahan; 4 porsi per hari. 
  4. Sayuran; 5 porsi per hari.
Selain itu, hindari makanan yang bisa menimbulkan gas, seperti brokoli, kembang kol, dan makanan pedas.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-40

Related

Pregnancy 2497328705459377262
item