Langkah Mudah Mengatasi Jerawat dan Stretchmark

 Langkah Mudah Mengatasi Jerawat dan Stretchmark

Naviri.Org - Cuaca yang panas biasanya menjadikan debu-debu mudah beterbangan yang kemudian menempel pada wajah dan kemudian melahirkan jerawat. Meskipun ini terkesan sebagai masalah kecil, namun jerawat bisa menyebabkan seorang wanita menjadi frustrasi. Berikut ini adalah langkah mudah untuk mengatasi jerawat:

Rajin-rajinlah membersihkan wajah dengan air bersih. Jika memungkinkan, gunakan produk sabun untuk kulit sensitif.

Berikan obat jerawat pada bagian yang berjerawat dan kulit sekitar jerawat, dua kali dalam sehari selama minimal 30 menit.

Lakukan masker dan scrub wajah seminggu sekali. Setelah wajah sudah bebas jerawat, lakukan dua minggu sekali untuk kulit berminyak atau sebulan sekali untuk kulit yang normal dan kering.

Resep alami mengatasi jerawat

Jus daun lidah buaya, ditambah daun sirih, ditambah daun sambiloto, masing-masing dengan ukuran atau takaran secukupnya, kemudian direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, disaring, lalu setelah dingin dicampurkan dengan bedak beras dingin dan kemudian digunakan sebagai masker.

Air rebusan tadi juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah (sebagai cleansing).

Selain cara di atas, dapat juga digunakan resep berikut: 30 gram temu lawak, ditambah 15 gram sambiloto, direbus dengan menggunakan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring, dan kemudian airnya diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Tips mengatasi problem stretchmark

Stretchmark adalah salah satu masalah kulit yang biasanya dialami oleh kaum wanita. Yang menjengkelkan, apabila seorang wanita sudah terlanjur mendapatkan stretchmark di kulit (biasanya di daerah sekitar perut dan payudara), maka dapat dikatakan bahwa stretchmark tersebut tidak bisa hilang seratus persen. Namun, jangan dulu berkecil hati. Anda dapat menguranginya dengan beberapa cara berikut ini.

Biasanya, wanita yang mengalami masalah stretchmark ini adalah wanita yang hamil, atau mereka yang mengalami penaikan dan penurunan berat badan secara drastis. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengolesi kulit dengan minyak zaitun. Namun ada sebagian wanita yang juga menggunakan baby oil.

Maksud dari pengolesan ini adalah untuk menjaga elastisitas kulit. Meskipun begitu, hal ini tidak menjamin Anda akan terhindar sepenuhnya dari stratchmark.

Melulur dan memberikan pijatan ringan juga dipercaya dapat mengatasi  stretchmark karena fungsi dari lulur dan pijatan ini adalah untuk melancarkan peredaran darah.

Lalu bagaimana jika sedang hamil? Lakukan lulur atau pijat oleh ahlinya. Beberapa salon terkemuka sudah menyediakan jasa pijat bagi wanita hamil. Ramuan tradisional yang dibalur ke tubuh juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya stretchmark. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu mencegah terjadinya stretchmark.

Baca juga: Bahan-bahan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Related

Beauty 7301425732613579018
item