Contoh Akta RUPS Terkait Saham Perubahan Pengurus Perusahaan

Contoh Akta RUPS Terkait Saham Perubahan Pengurus Perusahaan

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh akta RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) terkait persetujuan penjualan saham dan perubahan pengurus perusahaan. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Berita Acara Rapat

- Pada hari ini, hari (____________) tanggal (____________) jam (____________), Saya (____________) Sarjana Hukum, Notaris di (____________), dengan dihadiri oleh saksi-saksi yang saya, Notaris, kenal dan nama-namanya akan disebut pada akhir akta ini;

Atas permintaan direksi dari perseroan terbatas PT. (____________) berkedudukan di (____________), yang anggaran dasarnya dimuat dalam akta tanggal (____________) Nomor (____________) dibuat di hadapan (____________) Sarjana Hukum, notaris di (____________), yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan tanggal (____________) Nomor (____________), kemudian diubah dengan akta tanggal (____________) Nomor (__) dan tanggal (____________), keduanya dibuat di hadapan (____________) Sarjana Hukum, notaris di (____________), yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan tanggal (____________) Nomor (____________). selanjutnya disebut juga perseroan, berada di (____________);

- Agar membuat berita acara dari segala sesuatu yang dibicarakan dan diputuskan dalam rapat umum luar biasa para pemegang saham perseroan terbatas tersebut.

- Telah hadir dalam rapat dan karena itu berada di hadapan saya, notaris, dengan dihadiri oleh saksi-saksi:

1. (____________), swasta, bertempat tinggal di (____________), Jalan  (____________), menurut keterangannya dalam hal ini bertindak dalam kedudukan selaku Direktur Utama perseroan.

2. Tuan (____________), pengusaha, bertempat tinggal di (____________), Jalan (____________) Nomor (____________), (____________), menurut keterangannya dalam hal ini bertindak dalam kedudukannya selaku Direktur Utama dari dan karenanya untuk dan atas nama perseroan terbatas PT. (____________) berkedudukan di (____________), yang anggaran dasar dan perubahan-perubahannya dimuat dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal (____________) Nomor (__) Tambahan Nomor (___), akta tanggal (____________) Nomor (___), dibuat di hadapan Nyonya (____________) Sarjana Hukum, notaris di (____________), yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan tanggal (____________) Nomor (____________) dan akta-akta (____________) Sarjana Hukum, notaris di (____________), tanggal (____________) Nomor (___), yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan tanggal (____________) Nomor (____________), tanggal Nomor (____________), yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan tanggal (____________) Nomor (____________), terakhir tanggal (____________) Nomor (___) yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan tanggal (____________) Nomor (____________), perseroan mana dalam hal ini diwakilinya selaku pemegang (_________) saham dalam perseroan. Para penghadap telah dikenal oleh saya, notaris.

Penghadap Tuan (____________) dalam kedudukannya selaku Direktur Utama sesuai dengan ketentuan pasal 17 ayat 1 anggaran dasar perseroan bertindak selaku Ketua Rapat, membuka rapat pada (____________) Waktu Indonesia Barat. Selanjutnya Ketua Rapat menyatakan:    

- bahwa dalam rapat ini telah hadir/diwakili seluruh pemegang saham perseroan yaitu sebanyak (_________) lembar saham, yang merupakan seluruh saham yang hingga saat ini telah dikeluarkan oleh perseroan, sehingga dengan demikian rapat ini adalah sah susunannya, dan berhak mengambil keputusan yang mengikat tentang segala hal yang dibicarakan, walaupun tidak dilakukan panggilan terlebih dahulu satu dan lain berdasarkan ketentuan yang dicantumkan dalam pasal 16 ayat 4 anggaran dasar perseroan;

- bahwa bukti-bukti, surat-surat saham yang hadir tersebut menurut keterangan para peserta rapat tidak dapat diperlihatkan dalam rapat ini, karena belum dibuat/dicetak, demikian pula mengenai buku daftar saham akan tetapi penghadap Tuan (____________) tersebut dalam kedudukannya sebagai Direktur Utama menyatakan dengan tegas dan berani disumpah bila perlu, bahwa keadaan pemegang saham dan saham-saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan sampai dengan hari ini adalah seperti yang diuraikan tersebut di atas; bahwa acara rapat ini ialah:      

1. persetujuan penjualan saham-saham perseroan terbatas PT. (____________). berkedudukan di (____________), kepada Tuan (____________) dan Nyonya (____________).

2. perubahan susunan pengurus perseroan;

3. lain-lain.

- Oleh karena acara rapat telah diketahui sebelumnya oleh para peserta rapat, maka Ketua Rapat mengusulkan hal-hal yang dipandang perlu, dan setelah diadakan perundingan-perundingan seperlunya, maka rapat dengan suara bulat memutuskan:

I. Menyetujui penjualan seluruh saham perseroan terbatas PT. (____________) sebanyak (_________) saham kepada masing-masing Tuan (_________) swasta bertempat tinggal di (____________), jalan (____________), sebanyak (_________) saham, dan Nyonya (____________), Swasta, bertempat tinggal di (____________). Jalan (____________), sebanyak (_________) saham, sehingga susunan para pemegang saham perseroan terhitung sejak tanggal hari ini adalah sebagai berikut:

- Tuan (____________) tersebut, sebanyak (_________) saham atau sebesar Rp. (_________)

- Nyonya (____________) tesebut, sebanyak (_________) saham atau sebesar Rp. (_________)

- Jumlah seluruhnya sebanyak (_________) saham atau sebesar Rp. (_________)      

II. Memberhentikan seluruh pengurus perseroan yang lama dan mengangkat yang baru dengan susunan sebagai berikut:

- Direktur Utama: Nyonya (____________) tersebut.

- Wakil Direktur Utama: Nona (____________), swasta, bertempat tinggal di (____________), Jalan (____________)

- Direktur: Tuan (____________), Swasta, bertempat tinggal di (____________), Jalan (____________)

- Direktur: Nona (____________), Swasta, bertempat tinggal di (____________). Jalan (____________).

- Komisaris Utama: Tuan (____________), tersebut.

- Komisaris: Nyonya (____________), swasta, bertempat tinggal di (____________), Jalan (____________).

- Komisaris: Tuan (____________), tersebut.

- Komisaris: Nyonya (____________), swasta, bertempat tinggal di (____________), Jalan (____________).

- Berhubung tidak ada hal-hal lain yang perlu dibicarakan maka rapat ditutup oleh Ketua Rapat pada jam (____________) Waktu Indonesia Barat.

DEMIKIANLAH AKTA INI

- Dibuat sebagai minuta dan dilangsungkan di (_________), pada hari, tanggal dan waktu tersebut pada awal akta ini, dengan dihadiri oleh Tuan (____________), Sarjana Hukum, dan Nona (____________), keduanya pegawai kantor notaris, bertempat tinggal di (____________) sebagai saksi-saksi.

- Segera setelah akta ini saya, notaris, bacakan kepada para penghadap dan saksi-saksi, maka akta ini ditandatangani oleh para penghadap, saksi-saksi dan saya, notaris.

Dilangsungkan dengan empat gantian. Asli akta ini telah ditandatangani dengan sempurna. Diberikan sebagai salinan yang sama bunyinya.


(____________)

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Pijaman Rekening Koran

Related

Business 8951586345285032009

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item