Contoh Surat Wasiat

 Contoh Surat Wasiat

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh surat wasiat yang dibuat melalui notaris. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Nomor:

Pada hari ini, (_________), tanggal (___________), bulan (___________), tahun (___________);

Berhadapan dengan saya, (____________) Sarjana Hukum, kandidat Notaris, berdasarkan Surat ketetapan Ketua Pengadilan Negeri (____________), tanggal (___________), Nomor (_____________) pengganti dari tuan ................................, Sarjana Hukum, Notaris di (__________), dengan dihadiri saksi-saksi yang nama-namanya akan disebut pada akhir akta ini;

Tuan A, pedagang, bertempat tinggal di (______________) Warga Negara Indonesia, Kartu Tanda Penduduk Nomor (______________)/(____________) Kelurahan (_______________), yang berlaku hingga tanggal (_______________);

Menurut keterangannya dilahirkan di (_____________) pada tanggal (_____________);

Penghadap menerangkan hendak membuat surat wasiat dan untuk itu memberitahukan kemauannya yang terakhir kepada saya, notaris, seperlunya di luar saksi-saksi.

Kemauan itu saya, notaris, susun dan suruh tulis dalam perkataan-perkataan sebagai berikut:

- Saya tarik kembali dan hapuskan semua wasiat dan surat-surat lain yang mempunyai kekuatan wasiat yang dibuat oleh saya, sebelum surat wasiat ini, tidak ada yang dikecualikan.  

- Saya angkat istri saya dan anak-anak saya sebagai para ahli waris tersendiri, masing-masing untuk bagian yang sama.

- Saya angkat menjadi pelaksana wasiat saya tuan [___], pengusaha, bertempat tinggal di (__________), Jalan, (__________), nomor (___________), demikian dengan memberikan kepadanya segala hak yang menurut Undang-Undang dapat diberikan kepada seorang pelaksana wasiat, terutama hak untuk mengambil dan memegang seluruh harta peninggalan saya menurut aturan-aturan dalam Undang-Undang.

- Setelah susunan perkataan tersebut selesai, maka sebelum membacakannya saya minta kepada penghadap untuk memberitahukan kemauannya yang terakhir kepada saya, notaris, akan tetapi sekarang di hadapan saksi-saksi.

- Setelah permintaan itu dipenuhi oleh penghadap, maka susunan perkataan tadi saya, notaris, bacakan kepada penghadap, dan sesudahnya saya, notaris, tanya kepadanya apakah yang dibacakan itu benar memuat kemauannya yang terakhir.

- Dan atas pertanyaan itu penghadap menjawab bahwa apa yang dibacakan itu benar memuat kemauannya yang terakhir.

- PEMBACAAN, PERTANYAAN dan PENJAWABAN itu semuanya dilakukan dihadapan saksi-saksi    

Penghadap saya, notaris, kenal.

DEMIKIANLAH AKTA INI

Dibuat sebagai minuta dan dilangsungkannya di (___________) pada hari dan tanggal tersebut dalam kepala akta ini, dengan dihadiri:

------------------------------------

------------------------------------

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Kerja

Related

Business 1437289902076106177

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item