Hal-hal yang Mempengaruhi Keindahan Payudara

 Hal-hal yang Mempengaruhi Keindahan Payudara

Naviri.Org - Bagi seorang wanita, peran utama yang ada di balik busana yang dikenakan adalah penyangga dada atau bra. Begitu besarnya peranan pakaian dalam ini bagi seorang wanita bisa dilihat secara nyata, dimana hampir dapat dikatakan kalau wanita pasti memakainya, baik yang mulai beranjak remaja, dewasa, sampai kalangan wanita berumur.

Dapat dimengerti kalau pemakaian bra ini memiliki pengaruh yang begitu besar dalam hal kepercayaan diri seorang wanita, sekaligus juga dapat membantu membentuk keindahan dan perkembangan payudara pemakainya.

Seperti yang telah diketahui, payudara atau buah dada wanita terdiri atas jaringan otot pectoral yang dilapisi jaringan lemak. Sekecil apa pun, lama kelamaan akan menjadi lembek dan menurun apabila tidak disangga dengan baik. Karenanya, peranan atau fungsi sebuah bra sangat menentukan bentuk buah dada, yang dengan kata lain bahwa bra memang dirancang untuk membentuk buah dada atau payudara yang baik.

Karena bentuk payudara bisa dikatakan macam-macam, maka tentu saja bra yang dibuat pun kemudian disesuaikan dengan berbagai variasinya, yang tetap ditujukan sebagai penyangga buah dada. Namun, sebelum memilih bra yang cocok dengan bentuk payudara Anda, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dulu hal-hal yang dapat membuat payudara menjadi kurang baik penampilannya. Berikut ini adalah uraian mengenai hal tersebut:

Jarang atau tidak pernah memakai bra karena dengan alasan panas atau gerah. Hal ini akan mengakibatkan payudara akan mudah mengendur karena jarangnya disangga dengan baik.

Sikap tubuh yang buruk, seperti kebiasaan duduk sambil membungkuk.

Perubahan hormon dalam tubuh, yang biasanya terjadi pada wanita yang menelan pil. Apabila ini berlangsung hingga cukup lama, maka penghentian mengkonsumsi pil tersebut biasanya akan dapat mempengaruhi payudara (menjadi lembek).

Mandi sauna setelah melakukan senam juga dapat mengakibatkan buah dada atau payudara menjadi lembek. Karena itu, kalau Anda memang akan melakukan mandi sauna setelah bersenam, ada baiknya untuk mencegah kemungkinan itu dengan mengenakan handuk basah pada dada Anda ketika waktu sauna.

Mandi air panas setelah beraktivitas yang cukup berat juga dapat mengakibatkan hal yang sama, karena itu dianjurkan agar Anda sebaiknya menyiram dada dengan air dingin saja.

Kehamilan, juga menyusui, dapat mempengaruhi bentuk payudara. Untuk mencegah hal tersebut, lakukanlah latihan sebelum dan sesudah kelahiran, juga mengenakan bra khusus selama masa menyusui.

Turunnya berat badan akibat sakit atau karena diet.

Cara memilih bra yang tepat dan benar

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan ukuran yang tepat dalam memilih bra untuk payudara Anda.

Untuk mendapatkan bra dengan ukuran yang tepat, gunakanlah pita ukuran sentimeter untuk mengukurnya. Kemudian lingkarkanlah pada badan Anda tepat di bagian bawah payudara. Dari hasil ukuran tersebut, kemudian Anda bulatkan dengan kelipatan 5 (lima) yang terdekat. Jadi, apabila ukuran Anda adalah 72 centimeter, maka ukuran bra yang pas untuk Anda adalah 70, begitu pula seterusnya.

Apabila anda menginginkan ukuran cup yang tepat, maka ukurlah lingkar badan Anda melalui puncak puting payudara di bagian yang paling tinggi. Apabila selisih antara kedua ukuran tersebut adalah 8 sentimeter, maka Anda memerlukan cup AA, dan apabila selisihnya adalah 13 sentimeter, maka Anda memerlukan cub B.

Apabila selisih yang Anda dapatkan adalah 15 sentimeter, maka yang diperlukan adalah cup C, dan apabila selisihnya adalah 18 sentimeter, maka diperlukan cup D. Terakhir, apabila selisihnya mencapai 20 sentimeter, maka Anda memerlukan bra cup E.

Baca juga: Resep Mudah untuk Langsing dan Sehat

Related

Female 2583039341556231495
item