Panduan Merawat Kulit yang Berminyak

Panduan Merawat Kulit yang Berminyak

Naviri.Org - Apabila Anda kebetulan memiliki kulit yang berminyak, Anda tak perlu risau atau kecil hati. Kulit wajah yang berminyak juga tetap bisa tampil cantik jika dirawat dan diatasi secara benar. Perhatikan beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya.

Perhatikan wajah Anda

Kadang tidak semua bagian dari wajah kita berminyak. Oleh karena itu, kenali dengan baik bagian mana saja yang mengeluarkan cukup banyak minyak. Perawatan wajah sering mengalami kegagalan karena hal tersebut. Cuma lantaran satu daerah saja yang berminyak, lantas seluruh wajah diberi kosmetik untuk kulit berminyak. Akibatnya bagian wajah lainnya (yang tidak berminyak) menjadi terkena akibat dari perawatan itu.

Perhatikan kosmetik yang dipakai 

Ini juga berbahaya kalau dilakukan secara asal-asalan. Karena itu sebaiknya pilihlah kosmetik yang benar-benar sesuai dengan kulit wajah Anda. Lebih baik lagi kalau kosmetik tersebut dijamin baik untuk kulit yang sensitif. Hal ini bisa mengurangi iritasi.

Gunakan pelembap khusus

Pelembab juga wajib digunakan untuk kulit yang berminyak. Ini bisa membantu mengontrol keluarnya minyak di wajah. Selain itu, kalau tidak seluruh wajah berminyak, maka berilah pelembab hanya di bagian atau di tempat yang berminyak. Dibagian lain yang normal, sebaiknya beri pelembab untuk kulit normal.

Kosmetik khusus untuk kulit berminyak

Pemakaian kosmetik untuk kulit berminyak juga sebaiknya dilakukan saat wajah dalam keadaan bersih dan kering. Kulit yang basah akan membuat kosmetik tidak menempel secara sempurna. Sementara kulit yang kurang bersih akan memancing tumbuhnya jerawat dan juga merusak pori-pori kulit.

Jagalah kebersihan wajah

Ini juga harus diperhatikan. Kulit yang berminyak umumnya cepat kotor oleh debu dan kotoran lainnya. Karena itu harus rajin dibersihkan. Membersihkannya juga tidak selalu harus dengan pembersih kosmetik, tapi cukup dengan mencuci muka dengan air yang bersih, lalu langsung dikeringkan.

Selain itu, sebaiknya wajah jangan disentuh dengan tangan yang kotor atau benda lain yang tidak diyakini kebersihannya.

Lakukanlah perawatan khusus

Maksudnya adalah perawatan yang memang dilakukan pada waktu tertentu dan tidak setiap hari. Misalnya facial, scrub, dan lainnya. Kenapa ini harus dilakukan? Tentu jawabannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Kalau tidak sempat ke salon, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Gunakan saja facial atau scrub dari bahan-bahan alami seperti mentimun, jeruk, dan lainnya.

Selain itu, yang perlu diingat, setelah melakukan facial atau scrub, sebaiknya jangan menggunakan kosmetik dulu. Biarkan wajah beristirahat.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kusam dengan Masker Buah-buahan

Related

Beauty 5123572088452930529

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item