Manfaat Kesehatan Tidur Siang

Manfaat Kesehatan Tidur Siang

Naviri.Org - Orang-orang di masa lampau menjadikan tidur siang sebagai salah satu kebutuhan, meski mungkin hanya dua atau tiga jam. Kini, seiring dengan kesibukan yang makin banyak, orang zaman modern mulai asing dengan tidur siang. Padahal, tidur siang menyimpan manfaat dalam mendukung kesehatan. Penelitian membuktikan, bahwa tidur siang tidak hanya membantu menyegarkan tubuh, tapi juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

Penelitian yang dipresentasikan di konferensi tahunan European Society of Cardiology di London itu melibatkan 400 pria dan wanita setengah baya. Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa mereka yang tergolong sering tidur siang berkecenderungan memiliki tekanan darah lebih rendah.

Sementara itu, para peneliti dari Asklepieion Voula General Hospital di Athena, Yunani, melakukan studi dengan memeriksa tekanan darah 200 pria dan 186 wanita berusia rata-rata 61 tahun, yang sebagian dari mereka biasa tidur siang secara teratur.

Hasil studi mereka juga menunjukkan bahwa tekanan darah orang yang tidur siang rata-rata lima persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak atau jarang tidur siang. Meski perbedaan yang terjadi relatif kecil, hanya sekitar lima persen, tapi cukup memberi dampak signifikan terhadap tingkat serangan jantung. Kenyataannya, penurunan tekanan darah dalam jumlah kecil memang terbukti dapat mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular sampai 10 persen.

Dr. Manolis Kallistratos, yang memimpin penelitian tersebut, menyatakan bahwa gaya hidup orang modern mesti meminjam sebagian kebiasaan masa lampau.

“Dua Perdana Menteri Inggris yang berpengaruh adalah seorang pendukung tidur siang,” dia menjelaskan. “Winston Churchill mengatakan kita harus tidur beberapa waktu di antara makan siang dan makan malam, sementara Margaret Thatcher tidak mau diganggu sekitar pukul 03.00 sore. Menurut penelitian kami, pendapat mereka benar, karena tidur siang memang menurunkan tekanan darah dan mungkin bisa mengurangi pengobatan antihipertensi.”

Baca juga: Tips Menenangkan Diri Menjelang Tidur

Related

Health 4828707956900641046

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item