Tips Menenangkan Diri Menjelang Tidur

 Tips Menenangkan Diri Menjelang Tidur

Naviri.Org - Hidup kadang tidak seperti yang kita inginkan. Masalah kadang datang sewaktu-waktu. Kesibukan sering bertumpuk-tumpuk, dan pekerjaan juga acap kali tak terselesaikan dalam satu hari. Semua hal itu, meski sebenarnya bisa dibilang fenomena biasa dalam kehidupan manusia, namun tidak jarang menjadi ganjalan bahkan gangguan dalam pikiran kita.

Saat mulai membaringkan diri di atas tempat tidur, bisa jadi pikiran kita belum juga tenang karena masih memikirkan berbagai hal—pekerjaan, kesibukan, masalah, dan lain-lain, termasuk beberapa kekhawatiran yang bisa saja terlintas. Pikiran yang tidak tenang menjadikan tubuh tidak rileks, dan itu bisa membuat kita sulit tidur.

Karenanya, jika Anda sering berangkat tidur sambil gelisah, ada baiknya untuk mulai belajar menenangkan pikiran, agar lebih mudah tidur sekaligus lebih nyenyak. Untuk tujuan itu, tip berikut ini bisa dilakukan.

Bersyukur

Alih-alih membiarkan pikiran khawatir atau gelisah karena banyak hal yang Anda anggap kurang, atau belum selesai, jauh lebih baik jika Anda memfokuskan pikiran pada hal yang lebih positif, yaitu bersyukur. Anda bisa berkata pada diri sendiri, “Aku bersyukur untuk...” lalu isilah bagian tersebut dengan hal-hal yang telah Anda capai, atau yang telah Anda selesaikan.

Mengekspresikan rasa syukur dapat meningkatkan kadar kebahagiaan, membantu sistem kekebalan tubuh, dan memperkuat hubungan dengan Tuhan. Hasilnya, pikiran Anda akan lebih tenang, dan kondisi itu dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Jadi, sebelum tidur, refleksikanlah apa saja yang membuat Anda bersyukur hari itu. Anda bisa mengucapkannya dalam hati, dengan bersuara, atau bahkan bisa menuliskannya. Intinya, semakin banyak yang Anda syukuri, semakin tenang pula hati dan pikiran.

Lepaskanlah hari ini

Berangkat tidur artinya melepaskan hari ini. Anda berbaring untuk tidur, menuju hari esok. Karenanya, saat telah berbaring di atas tempat tidur, jangan terlalu dirisaukan oleh hal-hal yang terjadi hari ini.

Mungkin ada pekerjaan yang belum selesai. Mungkin ada masalah yang terjadi. Mungkin ada beberapa hal yang membuat Anda khawatir. Tapi lepaskanlah semua itu saat Anda mulai beranjak tidur. Tidak perlu terlalu merisaukan semua yang terjadi hari ini, karena Anda memang tidak harus menyelesaikan semua hal dalam satu hari. Besok masih ada hari lain, dan Anda bisa melanjutkan yang perlu dilanjutkan, memperbaiki yang perlu diperbaiki, juga menyelesaikan yang perlu diselesaikan.

Dengan melepaskan segala yang terjadi hari ini, Anda akan lebih tenang, sehingga Anda pun bisa beristirahat dengan lebih baik, dan tidur Anda akan lebih lelap.

Percayalah pada diri sendiri

Kehidupan memang tidak selamanya lancar sebagaimana yang kita inginkan, bahkan tidak jarang muncul masalah demi masalah yang sempat membuat kita terganggu, cemas, dan khawatir. Saat akan tidur, katakanlah pada diri sendiri, “Aku orang yang kuat.” Atau, dalam kondisi berbeda, Anda juga bisa menyatakan, “Aku orang baik,” atau kata-kata positif yang mencerminkan kebaikan, kekuatan, dan kelebihan diri Anda.

Studi menunjukkan bahwa penerimaan diri sangat penting untuk kehidupan yang lebih bahagia. Selain itu, memberi sugesti positif pada diri sendiri menjelang tidur juga membantu pikiran untuk berpikir positif, sehingga Anda lebih mudah tidur.

Berpikir kreatif

Jika Anda kebetulan mengalami masalah sulit tidur, atau terjebak dalam pikiran-pikiran tertentu saat akan tidur sehingga Anda tidak juga tidur, hindari pikiran-pikiran buruk. Pikiran buruk akan membuat Anda semakin sulit tidur. Sebagai gantinya, Anda bisa berpikir kreatif dengan memikirkan, “Bagaimana aku bisa membuat hal ini lebih baik?”

Anda bisa memikirkan pekerjaan, kesibukan, atau kegiatan sehari-hari Anda, dengan memikirkan, “Bagaimana aku bisa membuat hal ini lebih baik?” Pikiran yang kreatif semacam itu bisa memicu ide yang baik dalam pikiran Anda. Itu jauh lebih baik daripada memikirkan hal-hal yang hanya akan membuat Anda makin sulit tidur.

Tenang

Apa pun kondisi Anda, apa pun situasi yang tengah Anda hadapi, Anda bisa menenangkan diri menjelang tidur, dengan mengatakan, “Tenang, tenang, tenang.” Sebagaimana kita bisa membantu orang lain untuk tenang, kita juga bisa membantu diri sendiri untuk tenang, dengan cara yang sama. Anda mungkin tidak pernah terpikir hal itu, tapi Anda bisa mencobanya. Anda bisa membantu diri sendiri untuk tenang, khususnya saat akan tidur.


Related

Health 6023365972728551445
item