Tips bila Anda Mengalami Insomnia

Tips bila Anda Mengalami Insomnia

Naviri.Org - Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat orang sulit tidur atau tak bisa tidur sesuai dengan yang dikehendaki. Orang yang mengalami insomnia biasanya sulit tidur, meski telah berbaring cukup lama di atas tempat tidur dan bersiap untuk tidur. Akibatnya, kadang sampai berjam-jam hanya gelisah tanpa bisa tidur di tempat tidur. Kondisi itu sering membuat si penderita jengkel, frustrasi, sekaligus khawatir.

Penderita insomnia yang harus berangkat kerja pagi hari tentu khawatir kalau besok kesiangan. Kalau pun besok bisa bangun pagi, biasanya tubuh masih terasa lelah dan letih akibat semalam hanya tidur sedikit gara-gara sulit tidur. Karenanya, penderita insomnia pun tak jarang berwajah pucat, lesu, sekaligus kurang bergairah, karena memang istirahatnya bisa dibilang tidak optimal.

Jika Anda mengalami insomnia, saran yang sering dianjurkan adalah berkonsultasi dengan dokter atau ahli yang berkompeten. Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, Anda akan menerima saran dan solusi yang bisa diharapkan mengatasi masalah insomnia yang Anda alami. Mungkin dokter akan meresepkan obat tertentu, dan Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir, karena berdasarkan rekomendasi dokter.

Di samping itu, beberapa tip berikut juga bisa dijalankan, untuk menghadapi kondisi sulit tidur yang bisa datang sewaktu-waktu.

Hindari kafein

Minuman berkafein, semisal kopi, sudah terkenal bisa membuat mata sulit tidur. Karenanya, jika Anda mengalami insomnia, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman berkafein pada malam hari. Jika Anda memang menyukai kopi, konsumsilah hanya pada pagi hari saat bangun tidur, untuk membantu menyegarkan mata (biar tidak mengantuk).

Yang patut diingat, kafein tidak hanya terdapat pada kopi. Artinya, Anda juga perlu menjauhi minuman lain yang juga mengandung kafein saat malam tiba, agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam tidur. Jika butuh minum, konsumsilah air putih, atau setidaknya teh herbal. Selain itu, sangat disarankan untuk juga menghindari nikotin dan alkohol. Hindari semua itu ketika malam tiba.

Gunakan malam hari untuk bersantai

Jika selama ini Anda biasa menghabiskan malam hari untuk meneruskan pekerjaan, atau kesibukan lain, cobalah membuat kebiasaan baru, yaitu bersantai. Saat malam tiba, usahakan meninggalkan semua kesibukan yang membuat pikiran Anda tegang. Kalau bisa, hindari pula menonton televisi, menggunakan komputer, atau ponsel. Semua aktivitas itu membutuhkan konsentrasi, yang membuat urat kaku dan pikiran tegang. Pikiran yang tegang menjadikan Anda sulit tidur.

Persiapkan waktu tidur

Selain santai saat malam tiba, Anda juga perlu membuat rutinitas sebelum tidur setiap malam, untuk mengajari tubuh dan pikiran Anda bahwa waktu istirahat sudah tiba. Misalnya, sebelum tidur, mandilah dengan air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, atau berbaring santai sambil menghirup aromaterapi. Rutinitas yang menenangkan semacam itu, yang dilakukan menjelang tidur malam, akan membuat tubuh Anda mulai terbiasa dengan kebiasaan santai, yang akhirnya mendukung untuk tidur.

Rajin berolah raga

Setiap hari, sangat dianjurkan Anda berolah raga antara 3 sampai 4 jam, agar tubuh Anda melakukan aktivitas yang membutuhkan energi. Olah raga tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa membantu Anda tidur lebih mudah sekaligus lebih nyenyak. Yang perlu diingat, jangan berolah raga pada malam hari atau menjelang tidur, karena efeknya justru membuat Anda makin sulit tidur. Lakukan olah raga pada pagi atau sore hari.

Persiapkan kamar tidur

Usahakan kamar tidur Anda bersih dan rapi, tenang, dengan lampu yang redup. Gangguan tidur bisa terjadi karena kamar berantakan, suasana yang bising, atau lampu yang terang benderang. Buat suasana kamar Anda benar-benar mendukung Anda untuk tidur dengan nyaman dan tenang.

Bangunlah jika tidak bisa tidur

Jika Anda sudah berbaring di atas tempat tidur, tapi tidak juga tertidur, biasanya Anda akan merasa jengkel sendiri. Jika sudah 20-30 menit Anda terbaring tapi tidak juga mengantuk, ada baiknya Anda bangun dari tempat tidur, dan lakukan sesuatu yang membuat Anda tenang. Daripada terus berbaring tapi Anda jengkel, mungkin Anda bisa keluar kamar, lalu membuka jendela rumah dan menatap langit. Aktivitas ringan tapi menenangkan semacam itu bisa membantu Anda untuk mengantuk.

Lakukan diet sehat

Ini tip yang ditujukan untuk Anda yang kebetulan mengalami kelebihan berat badan. Sulit tidur bisa terjadi karena obesitas. Karenanya, jika Anda memiliki berat badan berlebih, Anda bisa melakukan diet sehat untuk mengurangi berat badan.

Baca juga: Masalah Kesehatan Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

Related

Health 5451228775655447483
item