Hati-hati, Ini Bahaya Tidur Bersama Ponsel

 Hati-hati, Ini Bahaya Tidur Bersama Ponsel

Naviri.Org - Ponsel atau smartphone telah menjadi kebutuhan orang zaman modern, hingga bisa dibilang orang zaman sekarang tak bisa lepas dari ponsel di mana pun dan kapan pun. Ponsel tidak hanya sebatas menjadi sarana berkomunikasi lewat suara atau teks seperti di zaman dulu, tapi kini telah menjadi sarana berinternet, mengecek e-mail, memantau teman-teman di sosial media, dan lain-lain. Karena fungsi ponsel saat ini telah sangat beragam, wujud ponsel pun semakin canggih. Di antaranya layar yang berukuran relatif lebar, dengan cahaya yang terang.

Seperti yang dinyatakan tadi, orang seperti tak bisa lepas dari ponsel, di mana pun dan kapan pun. Bahkan ketika tidur, banyak orang yang meletakkan ponsel di dekatnya berbaring. Bisa jadi karena memasang alarm di ponsel agar besok dapat bangun pagi, bisa pula karena berpikir agar mudah menjangkau ponsel jika sewaktu-waktu ada yang menelepon atau berkirim SMS. Yang menjadi masalah, tidur bersama ponsel—atau meletakkan ponsel di dekat kita saat tidur—juga berpengaruh pada kesehatan.

National Library of Medicine, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kedekatan dengan ponsel di saat tidur dapat menyebabkan Anda mengalami kekurangan melatonin. Hormon melatonin berfungsi merangsang tubuh untuk merasakan kantuk dan tertidur dengan nyenyak. Kekurangan melatonin bisa membuat orang lebih rentan terserang kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat.

Kemudian, orang yang meletakkan ponsel di dekatnya selama tidur juga rentan terkena hypervigilance. Hypervigiliance adalah suatu gejala di otak yang membuat seseorang mengalami ketegangan dan kewaspadaan terus menerus. Dr. Neil Stanley dari Leeds University menyatakan, “Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun. Dengan ponsel yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda ingin menggunakan ponsel itu. Otak akan memantau situasi dan tidur Anda, sehingga tidur akan menjadi lebih mudah terganggu.”

Kadang-kadang, karena tidak bisa tidur, kita pun meraih ponsel yang ada di dekat kita, kemudian menyalakannya—entah sekadar ingin melihat jam, atau sampai iseng membuka sosial media. Dalam keadaan kamar yang redup—atau bahkan gelap—cahaya dari layar ponsel dapat mengganggu kesehatan mata. Mata yang terpapar layar ponsel terus menerus dalam keadaan gelap semacam itu dapat membuat retina mengalami macular degeneration, yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kemudian, cahaya pada layar ponsel juga bisa menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang, dan menipu tubuh manusia sehingga menganggap waktu masih siang. Inilah yang kemudian menjadikan orang semakin sulit tidur ketika mulai bermain-main ponsel dalam kamar ketika merasa tidak bisa tidur. Sangat dianjurkan untuk menjauhkan ponsel dari tempat tidur, agar kita bisa tidur dan beristirahat dengan tenang.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Tidur Siang

Related

Health 5287103165806316979
item