Solusi Alergi Anak Oleh Debu yang Bisa Dilakukan

Alergi Anak

Seringkali banyak orang meremehkan tentang kebersihan rumah, sehingga tanpa disadari semua itu dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada anak seperti alergi. Rumah yang tidak bersih dapat menimbulkan sarang debu yang mengakibatkan anak terserang penyakit alergi debu. Anak yang memiliki alergi debu akan memiliki gejala batuk, bersin, hidung berair, gatal-gatal, mata merah dan lain-lain. Dari gejala tersebut akan menimbulkan penyakit pada anak seperti batuk, pilek, bersin-bersin bahkan bisa menimbulkan penyakit asma.

Alergi debu merupakan reaksi yang timbul karena ketidakmampuan tubuh dalam menangkap zat-zat tertentu. Untuk mengatasi alergi debu pada anak, sebagai orang tua harus membiasakan hidup bersih. Memberikan solusi alergi anak perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Karena debu dapat bisa terdiri dari kulit mati, hewan kecil yang bernama tungau, potongan tubuh kecoa, bulu hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Jika alergi debu anak disebabkan karena lingkungan rumah yang kotor, maka solusinya adalah:
  1. Jika anak memiliki alergi debu maka solusi pertama bagi Anda sebagai orang tua adalah membersihkan rumah secara teratur, seperti perabotan rumah, bingkai foto, pajangan dinding dan lainnya.
  2. Membersihkan debu-debu yang ada di rumah dengan cara mengelap debu dengan kain basah dan jangan mengelap debu dengan kemoceng karena debu akan semakin bertebaran di udara.
  3. Hindari penggunaan karpet atau barang-barang lain yang sulit untuk dibersihkan agar tidak ada debu-debu yang bersarang, yang dapat menyebabkan timbulnya alergi.
  4. Bersihkan selalu tempat tidur anak agar tidak ada debu dan hindari tempat tidur anak boneka, ataupun main lain yang membuat sarang debu.
  5. Jika memiliki hewan peliharaan, maka bersihkanlah hewan tersebut secara rutin karena debu juga dapat berasal dari bulu hewan peliharaan.
Selain melakukan solusi, anda juga harus kenali alergi anak tersebut, untuk menjaga anak yang memiliki alergi debu sebaiknya Anda sebagai orang tua jika mengetahui anak memiliki penyakit alergi debu, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Karena dengan berkonsultasi, dokter akan memberikan obat pencegah alergi debu pada anak.

Related

Parenting 3797385839576990854
item