Cara Mengatasi Sulit Tidur dengan Teknik Pernapasan

 Cara Mengatasi Sulit Tidur dengan Teknik Pernapasan

Naviri.Org - Dr. Andrew Weill, seorang ilmuwan dalam bidang masalah tidur lulusan Harvard University, menemukan suatu teknik yang dikatakan dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Teknik atau metode itu disebut “teknik pernapasan 4-7-8”, dan disebut-sebut sebagai “obat penenang alami bagi sistem saraf manusia” yang membantu mengurangi ketegangan dalam tubuh.

Dalam video presentasinya yang beredar di YouTube, Dr. Andrew Weill menyatakan,  “Ini sangat mudah, tak butuh banyak waktu, tak butuh peralatan, dan bisa dilakukan di mana saja.”

Untuk melakukan teknik pernapasan 4-7-8, pertama kita harus mengembuskan napas melalui mulut dengan membuat suara “whoosh”. Kemudian, tutup mulut kita, dan tarik napas tanpa suara melalui hidung dalam hitungan empat detik. Lalu tahan napas kita, dalam hitungan tujuh detik. Setelah itu, keluarkan napas sepenuhnya melalui mulut dengan kembali membuat suara “whoosh” selama delapan detik. Akhirnya, kembali tarik napas dan ulangi metode ini sebanyak tiga kali.

“Ingat, kita harus selalu menarik napas tanpa suara melalui hidung dan mengeluarkannya dengan suara keras melalui mulut. Ujung lidah kita tetap pada posisi yang sama saat melakukan itu,” ujar Dr. Andrew Weill. “Mengeluarkan napas butuh waktu dua kali lebih lama dari menarik napas. Waktu sesungguhnya yang kita habiskan dalam setiap melakukan metode ini tak penting. Yang penting adalah perbandingannya harus 4-7-8.”

Penuturan Dr. Andrew Weill menyebutkan bahwa teknik ini dibuat berdasarkan pranayana, suatu kebiasaan bangsa Indian zaman dulu yang artinya “aturan bernapas”. Dr. Andrew Weill mengklaim bahwa teknik pernapasan 4-7-8 adalah teknik yang sangat kuat, karena memungkinkan oksigen mengisi paru-paru kita dengan lebih baik.

Oksigen tambahan bisa memberikan dampak menenangkan pada sistem saraf parasimpatetik yang menimbulkan keadaan tenang. Saat mengalami stres, sistem saraf kita mengalami stimulasi yang berlebihan yang menimbulkan ketidakseimbangan yang bisa mengakibatkan susah tidur. Selain menenangkan sistem saraf parasimpatetik, teknik pernapasan 4-7-8 juga membantu kita merasa terhubung dengan badan kita dan melepaskan kita dari pikiran-pikiran yang membat sulit tidur.

Menurut Dr. Andrew Weill, kita harus mempraktikkan teknik ini dua kali sehari selama enam hingga delapan minggu, sampai akhirnya kita menguasainya dengan baik dan bisa tidur dalam waktu hanya 60 detik. Tertarik mencoba?

Baca juga: Masalah Kesehatan Terkait Kebiasaan Sulit Tidur

Related

Health 8136696108134720381

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item