Cara Alami Mengatasi dan Menghilangkan Ketombe

 Cara Alami Mengatasi dan Menghilangkan Ketombe

Naviri.Org - Anda mempunyai masalah dengan ketombe? Jangan khawatir karena ada ramuan yang tak kalah ampuhnya dengan obat atau shampo pembasmi ketombe. Ingin mencoba?

Ambillah kira-kira 10 buah belimbing wuluh, tumbuk hingga halus, lalu saring untuk diambil airnya. Selanjutnya, air belimbing wuluh itu digosok-gosokkan pada kulit kepala sampai merata selama 10 menit. Setelah itu biarkan mengering dulu, kemudian cucilah dengan air hangat hingga bersih.

Atau Anda juga bisa menggunakan cara kedua. Masih dengan menggunakan belimbing wuluh.

Caranya, ambil belimbing wuluh, kemudian belah dan gosokkan pada rambut Anda. Setelah itu biarkan sejenak, lalu cuci rambut Anda, lakukan hingga 3 sampai 6 kali.

Daun pandan untuk mengusir ketombe

Siapa yang tak kenal daun pandan? Hampir segala jenis makanan akan terasa lebih wangi dan harum bila memakai daun pandan ini. Namun ternyata daun hijau panjang ini tidak hanya berguna sebagai pewangi saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir ketombe. Ingin tahu caranya?

Ambillah beberapa lembar daun pandan (kira-kira 5 helai), lalu dibersihkan. Setelah itu, tumbuklah sampai halus. Kemudian usap-usapkan pada kulit kepala. Biarkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air bersih. Bila rutin melakukannya, ketombe pun akan hilang selamanya.

Kemiri untuk shampo dan creambath

Ini adalah resep untuk shampo dan creambath alami dengan menggunakan kemiri. Sebagaimana yang dipaparkan dalam banyak penelitian, kemiri sangat terkenal dalam hal mempengaruhi pertumbuhan rambut, sekaligus juga mengatasi banyak problem rambut. Jika Anda juga ingin memanfaatkan kemiri untuk kesehatan rambut Anda, simak saja tips yang berikut.

Ambillah kemiri secukupnya (disesuaikan dengan panjang-pendeknya rambut Anda), lalu ditumbuk halus, kemudian diberi air dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu, gosokkan perlahan-lahan ke kulit kepala hingga meresap ke dalam pori-pori. Pijat-pijatlah dengan ringan. Lakukan hal ini tiga kali seminggu.

Perawatan rutin ini akan membantu menghitamkan dan sekaligus melembutkan rambut. Sedangkan pijatan khususnya bisa merangsang pertumbuhan rambut.


Related

Female 6843854147803451695
item