Hal-hal yang Menyebabkan Munculnya Ketombe

Hal-hal yang Menyebabkan Munculnya Ketombe

Naviri.Org - Rambut dianggap mahkota bagi setiap orang. Karenanya, tidak heran kalau banyak orang yang uring-uringan gara-gara rambutnya terkena masalah, seperti banyak ketombe. Selain membuat rambut gatal, ketombe juga memberi kesan jorok pada kita.

Ketombe atau dandruff memang bukan penyakit yang mematikan dan menular seperti kanker ataupun AIDS. Namun, penyakit ini dapat menyebabkan berbagai masalah yang tidak mengenakkan, mulai dari rasa gatal di kulit kepala hingga perasaan tidak pede bila berada di tengah-tengah keramaian. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab gangguan ini?

Proses terjadinya ketombe diawali oleh tumbuh dan matinya sel-sel kulit kepala (stratum korneum) yang terlalu cepat. Namun penyebab pasti di balik proses ini hingga sekarang masih belum diketahui.

Para ahli menemukan bahwa kelenjar sebasea (kelenjar minyak kulit) sebagian penderita ketombe ternyata bekerja terlalu aktif. Sedangkan pada penderita lainnya, para ahli menemukan adanya jamur Pityrosporum ovale.

Faktor-faktor penyebab yang lain, yaitu adanya riwayat ketombe dalam keluarga, alergi terhadap jenis-jenis makanan tertentu, sering berkeringat secara berlebihan, penggunaan shampo atau sabun yang bersifat basa, cuaca dan juga stres.

Berikut ini adalah beberapa tips seputar mencegah ketombe.

Bersihkan rambut dengan menggunakan shampo anti ketombe secara teratur. Pilihlah shampo anti ketombe yang tidak membuat kulit kepala kering.

Guyurlah kepala dengan air hangat.

Hentikan pemakaian produk shampo yang kurang cocok untuk tipe rambut Anda.

Pakailah topi kalau Anda sering keluar rumah, karena sinar matahari akan menyebabkan kelembaban kulit kepala sehingga merangsang munculnya mikroorganisme yang menyebabkan ketombe.

Keramaslah tiga kali seminggu secara teratur dan jagalah kebersihan.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi dan Menghilangkan Ketombe

Related

Female 8406193262432290082
item