Anjuran dan Pantangan untuk Rambut Sehat

 Anjuran dan Pantangan untuk Rambut Sehat

Naviri.Org - Anda mungkin sudah menganggap klise pernyataan yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota. Tetapi persoalan rambut, yang gampang kusut, yang kusam, mudah rontok, berketombe, selalu menjadi masalah yang kerap kali membuat kita bingung memikirkannya.

Kesibukan, atau bahkan mungkin kemalasan, sering menjadi kendala untuk memberikan perhatian penuh untuk rambut. Pergi ke salon? Itu memang gampang. Tapi waktu juga terkadang menjadi soal. Ingin cara lain yang lebih praktis dan lebih mudah untuk dilakukan demi rambut yang sehat? Ikuti saja anjuran dan pantangan seputar rambut berikut ini.

Anjuran untuk rambut:

Jika Anda berkeramas dengan shampo, tuangkanlah dulu shampo itu ke tangan Anda. Lalu ratakan ke seluruh rambut untuk menghindari timbulnya ketombe dan gatal-gatal akibat penumpukan shampo.

Campurkan gel rambut dengan sedikit air hangat sebelum menggunakannya. Ini berguna untuk membuat rambut Anda lebih berkilau dan terlihat alami.

Potonglah rambut secara teratur setiap bulan untuk tak memberi kesempatan ujung rambut untuk bercabang.

Agar rambut terasa lebih lembut, cobalah mencucinya dengan air hangat. Setelah itu, oleskan pelembab yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Kemudian sisirlah dengan sisir yang bergerigi besar dan jarang sebelum akhirnya membilasnya dengan air seperti biasa.

Bila rambut terkena noda, misal permen karet, cara yang paling cepat dan aman tanpa merusak rambut adalah dengan menggosoknya dengan selai kacang, kemudian membilasnya dengan shampo hingga bersih.

Bila terkena sejenis cat (cat besi maupun cat kayu maupun cat kuku), segera pisahkan bagian rambut yang terkena cat tersebut dari bagian lainnya, kemudian gosoklah perlahan dengan menggunakan kapas yang telah diberi cairan penghapus cat. Setelah itu sisirlah selama kira-kira sepuluh menit sebelum akhirnya mencucinya dengan menggunakan shampo dan pelembab yang cocok.

Pantangan untuk rambut:

Jangan terlalu sering berganti-ganti jenis shampo. Hal ini akan menyebabkan rambut menjadi cepat kusam, kaku dan kasar.

Jangan menggunakan pelembab rambut yang terlalu berlebihan. Jika pantangan ini Anda langgar, keindahan rambut Anda akan berkurang.

Jangan terlalu sering keramas. Rambut yang teralu sering dicuci, dengan keramas, bukannya akan menjadi makin berkilau, tapi akan makin kusam, tidak elastis, dan mudah rontok. Apalagi jika setiap keramas Anda memakai shampo. Sebagaimana sebaiknya kita makan ketika lapar, begitu pula dengan shampo untuk rambut. Pakailah shampo untuk keramas hanya ketika rambut terasa lebih lembab dari sebelumnya dan terasa gampang kusut.

Jangan mengikat rambut dengan bahan dari karet. Apalagi jika banyak terkena sinar matahari, karet akan merusak lapisan kutikula pada rambut.

Jangan mengkonsumsi gula terlalu banyak. Kadar gula yang berlebihan akan membuat kulit kepala menjadi kurang sehat. Kalau kulit kepala kurang sehat, tentu rambut juga akan menjadi kurang sehat. Seperti sayuran yang tak mungkin tumbuh dengan baik di lahan yang tandus, kan?

Baca juga: Tips agar Rambut Sehat dan Berkilau

Related

Tips 986770638403732605

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item