Perangi Korupsi, Meksiko Bubarkan Polisi

Perangi Korupsi, Meksiko Bubarkan Polisi

Meksiko membubarkan seluruh kesatuan polisi di Kota Veracruz untuk memerangi korupsi, pada Rabu 21 Desember 2011. Sebelumnya, Meksiko telah memecat 30 jenderal polisinya terkait perang melawan korupsi. 

Juru Bicara Pemerintah Meksiko, Gina Domingues, mengatakan sekitar 800 anggota polisi dan 300 staf administrasi telah diberhentikan. Mereka bisa melamar kembali, namun harus melalui standar seleksi yang lebih keras. 

"Siapa pun yang lebih terlatih dan lebih berkomitmen dan bisa bekerja dalam sistem keamanan saat ini bisa bergabung kembali," ujar Dominguez sebagaimana dikutip The Guardian. 

Perubahan ini disetujui oleh Gubernur Veracrus, Javier Duarte dan Menteri Dalam Negeri Meksiko, Alejandro Poire. 

Tentara Meksiko telah beberapa kali mengambil alih operasi kepolisian, khususnya di kota perbatasan Ciudad Juarez dan Tamaulipas. Namun, Veraceuz menjadi kota paling awal yang polisinya dibubarkan. 

Ada sekitar 2.400 marinir berada di Verascruz. Pasukan marinir dan helikopter melakukan patroli di Verascruz. Mereka juga melakukan proses evakuasi saat terdapat 35 mayat akibat perang antar geng narkoba. 

Dominguez mengatakan operasi Angkatan Laut ini akan berakhir hingga negara mampu melatih polisinya. 

Presiden Felipe Calderon mendorong proses ambisius untuk memeriksa 460.000 anggota polisi Meksiko. Pemerintahannya mengalokasikan US$331 juta untuk 200 kota untuk melatih dan memperlengkapi pasukan polisi kota.

Related

International 7889847178712608421

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item