Meski Cuma Menjabat 5 Tahun, Anggota DPR Bisa Dapat Uang Pensiun Seumur Hidup

Meski Cuma Menjabat 5 Tahun, Anggota DPR Bisa Dapat Uang Pensiun Seumur Hidup

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut skema pembayaran dana pensiun terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang ada saat ini menjadi beban bagi negara. 

Sebagai informasi, penetapan besaran pensiunan pokok diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Janda/Duda. 

Nominal pensiunan bisa beragam tergantung golongan PNS di jabatan terakhir. Namun demikian, dana pensiunan untuk DPR RI yang hanya menjabat lima tahun juga tak kalah membebani. 

Anggota DPR akan mendapatkan uang pensiun seumur hidupnya meski hanya menjabat satu periode atau lima tahun. Uang pensiun tersebut bahkan bisa diwariskan kepada istri/suami hingga anak mereka. 

Keputusan tersebut sudah diatur dalam UU Nomor 12 tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administratif Pimpinan dan Anggota Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara serta Bekas Pimpinan Lembaga Tinggi/Tinggi Negara dan bekas anggota Lembaga Tinggi Negara pada pasal 17-18. 

Pada pasal 17 diatur bahwa apabila penerima pensiunan [DPR] meninggal maka istri sah atau suami sah berhak mendapatkan uan pensiaun. 

Pasal 18 mengatur pemberian pensiun kepada janda/duda dari almarhum anggota DPR. Sementara pada pasal 19 mengatur bahwa jika pensiun tak memiliki suami/istri, maka bisa diwariskan kepada anak pertama sebelum berusia 25 tahun. 

Pada perolehan nominal, seorang pensiunan anggota DPR RI akan menerima tunjangan sebesar Rp 3,2 juta hingga Rp 3,8 juta per bulan. 

Uang tersebut akan terus diterima hingga mantan anggota DPR tersebut meninggal. Bahkan, jika mantan anggota DPR RI memiliki istri, dana pensiun tersebut akan dilanjutkan ke istrinya. 

Jika tak punya istri maupun suami maka bisa mewariskan pada anak yang berada di bawah 25 tahun. 

Related

News 4799389277167589709

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item