Cara Membuat Krim Pemutih dari Bengkoang

 Cara Membuat Krim Pemutih dari Bengkoang

Naviri.Org - Bengkoang memang multi manfaat, salah satunya bisa digunakan untuk menjadi krim pemutih. Ingin mencoba? Siapkan dua buah bengkoang dan sebatang serai.

Cara membuatnya, batang serai dimemarkan dan direbus hingga mendidih, lalu dinginkan. Bengkoang diparut, diperas, lalu disaring, dan tempatkan pada suatu wadah yang bersih. Diamkan air perasan ini selama setengah jam hingga satu jam sampai terbentuk endapan putih di dasar wadah. Endapan putih yang terbentuk itulah pati bengkoang.

Pisahkan pati dari air perasan atau sari bengkoang, kemudian campurkan 2 sampai 3 sendok makan air rebusan serai dengan endapan bengkoang tersebut. Jadilah krim pemutih yang bisa langsung digunakan. Agar awet, simpanlah krim ini dalam freezer sehingga dapat digunakan lagi.

Krim ini digunakan untuk memutihkan kulit wajah, tangan, dan kaki, sekaligus menyamarkan (menghilangkan secara bertahap) noda-noda bekas luka atau jerawat. Pemakaiannya pada pagi hari dan cukup dioleskan secara merata pada kulit hingga mengering.

Setelah mengering, dibilas dengan air hangat. Pemakaian secara rutin dua kali seminggu akan memberikan hasil yang sempurna. Disarankan untuk berbaring tanpa bantal selama menggunakan masker agar kulit tetap kencang.

Larutan penyegar dari bengkoang

Ini adalah tips cara membuat larutan penyegar dari bahan bengkoang. Tertarik untuk mencoba membuatnya? Siapkan bengkoang segar, 1 sendok teh air jeruk nipis dan 1 sendok makan madu.

Cara membuatnya, bengkoang diparut, diperas dan kemudian disaring, lalu endapkan. Pisahkan pati dan sari bengkoang. Campurkan air jeruk nipis dan madu ke dalam sari bengkoang dan aduklah hingga tercampur merata.

Setelah wajah dibersihkan, gunakan larutan ini sebagai penyegar, khususnya pada siang hari atau setelah beraktivitas.

Larutan ini khususnya cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat. Air sari bengkoang juga dapat diminum langsung tanpa campuran lain. Selain segar, sari bengkoang sangat efektif dalam menambah kekenyalan kulit dan menyegarkan tubuh. Sedangkan campuran air jeruk nipis dalam larutan ini berperan mengecilkan pori-pori dan melembutkan kulit, yang disempurnakan oleh madu.

Baca juga: Cara Membuat Ramuan Bedak dan Jamu untuk Jerawat

Related

Female 3373429812871179874
item