Benarkah Orang Lanjut Usia Tak Berminat Lagi pada Seks?

Benarkah Orang Lanjut Usia Tak Berminat Lagi pada Seks?

Naviri.Org - Ada stereotip mengenai orang tua atau lanjut usia, terkait dengan aktivitas seks. Menurut stereotip itu, orang-orang yang sudah tua atau lanjut usia tidak lagi berminat pada hubungan seks. Stereotip itu tentu terkait langsung dengan kondisi tubuh. Si wanita sudah mengalami masa menopause, sementara si pria sudah tidak bisa lagi mudah ereksi seperti saat masih muda.

Tetapi benarkah stereotip itu? Benarkah orang-orang yang sudah tua secara usia tidak lagi berminat pada aktivitas seks? Lebih spesifik lagi, benarkah orang-orang tua tidak lagi berhubungan seks dengan pasangannya?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, stereotip itu tampaknya tidak seratus persen benar. Dalam studi yang melibatkan 3.005 responden (dengan 73 persen responden berusia 57-64 tahun) didapat kenyataan bahwa sebanyak 53 persen responden berusia 65-74 tahun, dan 26 persen responden berumur 75-85 tahun, masih aktif berkegiatan seks dan menikmatinya dengan pasangan.

Separuh dari mereka memang mengaku memiliki paling tidak satu gangguan seksual, tapi yang jelas mereka tidak kehilangan hasrat untuk melakukannya. Dengan kata lain, meski si wanita sudah menopause, dan si pria sudah mengalami kesulitan dalam ereksi, namun mereka masih memiliki hasrat terhadap seks, bahkan masih aktif melakukannya dengan pasangan.

Baca juga: Resep Menjaga Vitalitas dan Kebugaran

Related

Sexology 1675792050683844246

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item