Today You Die: Kisah Robin Hood yang Tidak Jelas

Today You Die: Kisah Robin Hood yang Tidak Jelas

Naviri.Org - Steven Seagal, aktor Hollywood, terkenal sebagai ahli silat Wushu yang menggunakan gerakan-gerakan cepat dan mematikan. Hal itu pula yang menjadikan Steven Seagal menjadi pemain film, dan film-film yang dibintanginya selalu memperlihatkan keahlian Steven Seagal dalam kemampuannya bertarung. Bisa dibilang, keahlian bertarung itu merupakan jualan utama dalam film-film Steven Seagal.

Ada banyak sekali film yang dibintangi Steven Seagal, sebagian bagus, sebagian lagi buruk. Salah satu yang bisa dibilang buruk, mungkin, adalah film berjudul Today You Die.

Dalam film Today You Die, Steven Seagal berperan sebagai lelaki bernama Harlan. Di awal film, Harlan tampak memasuki sebuah rumah gembong narkoba yang sedang kosong, lalu mencuri tumpukan uang yang ada di lemari besi. Rupanya, perampokan atau pencurian yang dilakukan Harlan dimaksudkan untuk menyumbang orang-orang miskin. Jadi mirip kisah Robin Hood yang legendaris—merampok dari penjahat, dan menyumbangkannya pada orang-orang lemah yang membutuhkan.

Kenyataan itu dipertegas oleh ucapan pasangan atau istri Harland, bernama Jada. “Kita tidak bisa membantu semua orang,” ujar Jada waktu itu, yang mengkhawatirkan kebiasaan Harland (merampok untuk menyumbang).

Lalu, suatu hari, Harlan menerima tawaran untuk bekerja sebagai sopir yang akan mengantarkan uang dari kantor bank. Tawaran itu datang dari seorang lelaki bernama Max. Harlan pun menerima tawaran itu, dan menemui Max.

Esoknya, mengendarai sebuah mobil lapis baja yang khusus digunakan untuk mengambil uang, Harland dan seorang lelaki berseragam polisi datang ke sebuah kantor bank. Harland menunggu di mobil, sementara temannya turun, dan mengambil kiriman uang. Petugas bank tidak curiga, karena mengira itu jemputan yang biasa. Jadi mereka pun membawakan tas-tas berisi uang, ke dalam mobil yang ditunggui Harlan.

Begitu tas-tas uang itu masuk ke dalam mobil, teman Harlan menembak para petugas bank. Setelah itu, ia menodong Harlan dan memaksanya untuk pergi meninggalkan tempat itu.

Kejar-kejaran pun tak bisa dielakkan. Harlan, yang mengendarai mobil penuh uang, dikejar mobil-mobil polisi. Setelah cukup lama kejar-kejaran, Harlan menabrak truk besar, dan ia nyaris pingsan. Ia pun keluar dari mobilnya, dan berbaring di suatu lorong. Sampai kemudian polisi patroli menemukannya di sana.

Harlan pun dipenjara, dengan tuduhan merampok bank. Ia masuk ke penjara berpengamanan khusus, dan di sana ia bertemu hingga berteman dengan seorang ketua gank penjahat, bernama Ice.

Yang menjadikan kisah ini tidak sederhana, uang dalam mobil yang dikemudikan Harlan tidak pernah ditemukan. Uang itu hilang. Semua pihak menuduh Harlan menyembunyikan uang itu. Tapi Harlan berdalih ia mengalami amnesia, karena kepalanya terbentur keras saat tabrakan di jalan, dan dia tidak ingat apa-apa, termasuk tidak ingat soal uang tersebut.

Di dalam penjara, semua pihak pun mengincar Harlan, karena mengira Harlan memiliki uang rampokan berjumlah besar tersebut. Sementara itu, Harlan bermaksud membalas dendam pada Max dan komplotannya yang telah membuat dia dipenjara. Akhirnya, bersama Ice—temannya di penjara—Harlan kabur dari sana. Lalu aksi pembalasan dendam pun dimulai, khas film-film Steven Seagal.

Belakangan, terungkap kalau Max bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengatur perampokan bank yang melibatkan Harlan. Rencananya, jika Harlan tertangkap dan masuk penjara, Max dan komplotannya akan menikmati uang hasil rampokan itu, dan kasus pun selesai. Tapi rencana mereka berantakan karena Harlan—yang mereka kira cuma seorang sopir—ternyata bukan orang sembarangan.

Seperti yang disebut tadi, Today You Die adalah salah satu film Steven Seagal yang tidak bisa dibilang bagus. Karena jalan ceritanya cenderung aneh dan terkesan menggampangkan segalanya.

Seperti kecenderungan Harlan yang mirip Robin Hood, merampok dari gembong narkoba, lalu menyumbangkannya pada orang miskin. Tidak pernah dijelaskan bagaimana motivasi itu bisa muncul, dan mengapa Harlan sampai melakukannya. Lebih dari itu, tidak pernah jelas pula bagaimana latar belakang Harlan, hingga penonton seperti melihat sosok Steven Seagal, bukan sosok Harlan. Dengan kata lain, flm ini bisa dibilang gagal, karena pemeran utama tidak mampu melebur dengan tokoh yang diperankannya.

Film ini juga memiliki beberapa kekurangan lain, yang terkesan menggampangkan segalanya. Kenyataannya film Today You Die memang ditujukan untuk hiburan semata, sehingga penonton tidak perlu berpikir apa-apa. Cukup nikmati aksi Steven Seagal seperti biasa dalam filmnya, dan anggap saja semuanya akan baik-baik saja. Seperti yang suka dikatakan Steven Seagal dalam film-filmnya.

Baca juga: Déjà vu, Teror dan Perjalanan Menuju Masa Lalu

Related

Entertaintment 9091002048730698277
item