Kecelakaan Tol Cipali Semakin Sering Terjadi Dibanding Tahun Lalu

Waspada! KNKT: Tiap Bulan, Ada 36 Kecelakaan di Tol Cipali

Kasus kecelakaan di ruas Jalan Tol Cikopo-Paliamanan (Cipali) hingga November 2021 mengalami kenaikan 14 persen, bila dibandingkan periode yang sama pada 2020. 

General Manager Operasi Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan, meskipun angka kasus kecelakaan meningkat, namun untuk jumlah korban meninggal dunia mengalami penurunan hingga 31 persen. 

"Tingkat fatalitas kecelakaan (korban meninggal dunia) mengalami penurunan hingga 31 persen," kata Suyitno. 

Dari data sebelumnya, selama Januari hingga November 2020 terdapat 263 kasus kecelakaan di Jalan Tol Cipali. Namun, untuk periode Januari hingga November 2021, kasus kecelakaan naik menjadi 301 kasus. 

Kemudian untuk jumlah korban meninggal dunia tahun lalu 70 orang, sedangkan 2021 tercatat 48 orang. Untuk mengurangi fatalitas kecelakaan di jalan tol Cipali, Suyitno mengatakan saat ini di sepanjang Jalan Tol Cipali terdapat pembatas jalan wire rope yang terbuat dari sling baja. 

Ketika terjadi kecelakaan, maka kendaraan tidak lagi menyeberang ke jalur berlawanan, sehingga kecelakaan tidak terlalu fatal dan mengurangi risiko korban. 

"Kalau tidak ada wire rope, maka akan menyeberang ke arah berlawanan, sehingga kecelakaannya fatal, banyak korban. Dan dengan ada wire rope, maka akan tertahan sehingga tidak menyeberang ke jalur berlawanan," kata Suyitno.

Related

Indonesia 197691955112392526

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item