10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Naviri.Org - Jika kita ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi, salah satu pertimbangannya tentu mutu atau kualitas perguruan tinggi bersangkutan. Jika kita kebetulan memiliki prestasi yang unggul, atau biaya yang mencukupi, kita pun ingin mendaftar ke perguruan tinggi yang terbaik, atau yang diakui secara resmi sebagai perguruan tinggi berkualitas.

Jika ingin mendafar ke perguruan tinggi swasta, kita pun ingin tahu perguruan tinggi swasta mana yang berkualitas terbaik. Untuk hal itu, kita bisa merujuk pada data yang dirilis oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebagai lembaga yang menangani dunia pendidikan di Indonesia, Kemenristekdikti tentu punya cara pandang dan sistem nilai yang layak untuk dipercaya.

Dalam hal itu, Kemenristekdikti telah menyusun daftar universitas terbaik di Indonesia. Dilakukannya hal itu sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia.

Mutu pendidikan itu dinilai dari empat komponen, yakni kualitas kelembagaan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir, dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti, Senin (21/8/2017).

“Jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian,” lanjut Nasir.

Lebih lanjut dia menyampaikan, pengelompokan/klasterisasi dilakukan untuk meningkatkan mutu kampus secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma. Dengan klasterisasi, kata Nasir, Kemenristekdikti dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi ini juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan aspek lainnya,” kata Nasir.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono Suwignjo, mengatakan pada tahun 2017 ini telah dilakukan penyempurnaan dari tahun sebelumnya.

Penyempurnaan tersebut, kata dia, meliputi beberapa perubahan/penambahan indikator, sehingga diharapkan komponen utama tersebut dapat lebih mencerminkan kondisi perguruan tinggi Indonesia sesuai dengan cakupan pada masing-masing komponen utama tersebut.

Berikut daftar 10 universitas swasta terbaik di Indonesia, versi Kemenristekdikti:

1. Universitas Kristen Petra
2. Universitas Surabaya
3. Universitas Sanata Dharma
4. Universitas Katolik Parahyangan
5. Universitas Kristen Satya Wacana
6. Universitas Muhammadiyah Malang
7. Universitas Islam Indonesia
8. Universitas Merdeka Malang
9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
10. Universitas Bina Nusantara

Lihat juga: 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Related

News 6272046660046164445
item