25 Politeknik Terbaik di Indonesia

25 Politeknik Terbaik di Indonesia

Naviri.Org - Politeknik, atau yang sering disamakan dengan institut teknologi, adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar, dan sering beroperasi pada tingkat berbeda-beda dalam sistem pendidikan.

Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional, yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis. Istilah tersebut juga dapat merujuk pada sekolah pendidikan menengah yang berfokus pada pelatihan vokasional.

Istilah politeknik berasal dari bahasa Yunani (polú atau polý) yang berarti "banyak" dan (tekhnikós) yang berarti "seni". Istilah institut teknologi, untuk bagiannya, sering disingkat IT; istilah itu berbeda dengan teknologi informasi.

Walaupun istilah politeknik dan institut teknologi merupakan sinonim, preferensi untuk lebih sering menggunakan suatu istilah berbeda antara setiap negara. Di Indonesia, istilah politeknik sudah populer sebagai bagian dari dunia pendidikan. Politeknik dianggap setara dengan universitas atau perguruan tinggi, tempat melanjutkan pendidikan setelah lulus sekolah menengah.

Jika kita berencana melanjutkan pendidikan ke politeknik, tentu yang ada dalam pikiran kita adalah mencari politeknik mana yang paling cocok. Politeknik manakah yang menyediakan jurusan yang kita inginkan, sesuai bakat, minat, dan ketertarikan? Lebih penting lagi, jika bicara kualitas, politeknik manakah yang terbaik di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan itu, kita bisa merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan 100 Besar Perguruan Tinggi non Politeknik dan 25 Besar Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia pada Senin (21/8/2017), sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia. Terkait hal itu, berikut ini adalah 25 politeknik yang dianggap terbaik di Indonesia, versi Kemenristekdikti:

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
2. Politeknik Negeri Sriwijaya
3. Politeknik Negeri Semarang
4. Politeknik Negeri Malang
5. Politeknik Negeri Jakarta
6. Politeknik Negeri Jember
7. Politeknik Negeri Bandung
8. Politeknik Negeri Lampung
9. Politeknik Negeri Medan
10. Politeknik Negeri Pontianak
11. Politeknik Negeri Padang
12. Politeknik Negeri Ujung Pandang
13. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
14. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
15. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
16. Politeknik Negeri Bali
17. Politeknik Negeri Samarinda
18. Politeknik Negeri Manado
19. Politeknik Negeri Banjarmasin
20. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
21. Politeknik Negeri Lhokseumawe
22. Politeknik Caltex
23. Politeknik Negeri Kupang
24. Politeknik Manufaktur Bandung
25. Politeknik Ubaya


Related

News 250922719008053583

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item