Hacker, Komputer, dan Hitam Putih Dunia Mereka

 Hacker, Komputer, dan Hitam Putih Dunia Mereka

Naviri.Org - Hacker adalah sebutan untuk orang yang memiliki kemampuan dalam mengenali kelamahan suatu sistem komputer atau dunia cyber secara luas. Selama ini, ada semacam anggapan bahwa hacker adalah tokoh jahat, yang memanfaatkan kemampuannya untuk kejahatan atau keuntungan pribadi. Namun, sebenarnya, tidak semua hacker semacam itu.

Seiring perkembangan dunia komputer dan internet yang makin maju, dunia hacker juga diperkirakan akan semakin berbahaya. Dengan adanya perkembangan teknologi mutakhir, celah yang dapat mereka eksploitasi jadi semakin banyak, dan keuntungan yang mungkin mereka peroleh dari kejahatan siber jadi berlipat ganda. Namun, seperti yang disebut di atas, tidak semua hacker atau peretas merupakan parasit di internet yang mengambil keuntungan dari cara jahat.

Seorang hacker memang layak disebut parasit atau jahat, jika merugikan orang lain. Misalnya merusak tampilan situs, menanamkan malware, atau menerobos jaringan komputer dengan maksud merusak sistem, dan lain-lain. Mereka itulah yang umumnya dikenal sebagai cracker dan Black Hat Hacker, yaitu peretas yang memang bertujuan jahat dan mengambil keuntungan dari kejahatan yang dilakukannya.

Namun, ada pula kelompok peretas atau hacker yang disebut White Hat Hacker. Jika hacker parasit mencari kelemahan sistem komputer untuk membobolnya, White Hat Hacker melakukan hal itu justru untuk melindungi sistem tersebut, dan menangkal serangan terhadapnya. Sebagian di antara mereka dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menguji dan menyempurnakan sistem pertahanan jaringan.

Setiap White Hat Hacker dituntut sanggup melihat sistem melalui sudut pandang cracker. Ada beberapa situs yang menyediakan pendidikan bagi para “calon” White Hat Hacker, salah satunya adalah Hack this Site. Selain menyediakan materi dengan topik dan tingkatan yang beragam, situs itu juga mendirikan komunitas buat orang-orang yang berminat mempelajari sistem keamanan jaringan.

Direktur Microsoft wilayah Australia, Troy Hunt, membuat situs serupa Hack this Site, yaitu Hack Your Self First. Situs yang ditujukan bagi para pengembang itu menawarkan berbagai rincian celah dan mengeksploitasi celah-celah tersebut, mulai dari kerentanan XSS sampai cookies untuk cross-site. Meski rumit, situs ini cocok untuk belajar meretas.

Selain itu, ada pula situs-situs yang menawarkan jasa uji coba untuk membantu pengembang aplikasi memeriksa keamanan produknya, sebelum dirilis kepada khalayak.

Computer World pernah merilis daftar nama White Hat Hacker, dua di antaranya ialah Charlie Miller dan Joanan Rutkowska.

Charlie Miller adalah analis utama di Independent Security Evaluators sekaligus penulis buku Mac Hacker’s Handbook. Ia menyumbang banyak masukan untuk sistem keamanan produk-produk Apple. Pada tahun 2008, ia memenangkan hadiah sebesar 10 ribu dolar dalam konferensi peretas Pwn2Own di Vancouver, British Columbia, Kanada, karena menjadi orang pertama yang menemukan critical bug di MacBook Air.

Sedangkan Joanna Rutkowska adalah pendiri Invisible Things Lab. Rutkowska dikenal luas di komunitas keamanan sistem informasi setelah ia mengajukan serangan terhadap mekanisme perlindungan kernel Vista, dalam konferensi Briefing Black Hat di Las Vegas pada Agustus 2006. Teknik yang digunakan Rutkowska pada waktu itu bernama Blue Pill. Pada dasarnya, ia menggunakan virtualisasi hardware untuk memindahkan OS yang sedang berjalan ke mesin bayangan.

Majalah eWeek menobatkan Rutkowska sebagai satu dari lima peretas terpenting pada 2006.

Karenanya, tidak semua hacker pasti jahat dan merugikan. Karena, selain memang ada yang seperti itu, ada pula hacker atau peretas yang justru bekerja untuk menjaga sistem keamanan internet agar lebih baik. Bagaimana pun, dunia memerlukan keterampilan mereka, terutama kini ketika teknologi semakin pesat dan kemungkinan kejahatan semakin berbahaya.

Baca juga: Ancaman Bahaya di Balik Email yang Kita Gunakan 

Related

Internet 1493697128036761704

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item