Nurnaningsih, Bom Sex Pertama di Indonesia

Nurnaningsih, Bom Sex Pertama di Indonesia

Naviri.Org - Di industri film Indonesia, ada artis-artis wanita yang disebut sebagai bom seks, karena identik dengan peran-peran panas, buka-bukaan, dan keberanian beraksi di depan kamera. Dari zaman ke zaman, artis bom seks semacam itu terus ada. Kita bisa menyebut nama Suzanna, Debby Chintya Dewi, Sally Marcellina, Kiki Fatmala, Ayu Azhari, hingga Nikita Mirzani, dan lain-lain.

Tetapi, siapakah artis wanita yang menjadi bom seks pertama di Indonesia?

Sebagian orang mungkin akan menyebut Suzanna, karena mengira artis legendaris itulah yang pertama kali menjadi bom seks Indonesia. Ternyata bukan. Artis wanita yang menjadi bom seks pertama di Indonesia adalah Nurnaningsih.

Nurnaningsih adalah artis Indonesia yang lahir pada 5 Desember 1925 di Surabaya. Dia sempat mengenyam pendidikan setingkat kelas satu SMA, dan mulai bermain film pertama kali pada tahun 1953, tepatnya dalam film berjudul “Krisis”, karya Usmar Ismail.

Satu tahun kemudian, pada 1954, Nurnaningsih tampil dalam film “Harimau Tjampa”, karya sutradara D. Djajakusuma. Dalam film itu, Nurnaningsih tampil setengah telanjang, dan hal itu menjadikannya sebagai aktris pribumi Indonesia pertama yang melakukan adegan tersebut.

Adegan setengah telanjang dalam film itu dilakukan Nurnaningsih, saat terjadi pertentangan antara seniman dengan badan sensor. Kepada media, Nurnaningsih menjelaskan keberaniannya beradegan panas tersebut, “Saya tidak akan memerosotkan kesenian, melainkan hendak melenyapkan pandangan-pandangan kolot yang masih terdapat dalam kesenian Indonesia.”

Aksi berani Nurnaningsih tidak hanya sebatas dalam film. Pada pertengahan 1954, muncul foto telanjang dirinya, yang dibuat seorang fotografer tak dikenal. Saat foto-foto panas itu beredar, nama Nurnaningsih pun disebut-sebut dengan berbagai kontroversi. Masyarakat marah atas munculnya foto-foto itu, dan menilai Nurnaningsih telah melanggar nilai-nilai budaya timur. Sejak itu pula, masyarakat memboikot film-film Nurnaningsih.

Itulah artis panas sekaligus bom seks pertama di Indonesia, yaitu Nurnaningsih, yang telah berani tampil panas di depan kamera, baik dalam film maupun dalam foto. Dia telah hadir jauh-jauh hari sebelum munculnya Suzanna, Debby Cynthia Dewi, Sally Marcellina, apalagi Nikita Mirzani.

Nurnaningsih, Bom Sex Pertama di Indonesia


Related

Entertaintment 230128334742836518
item