Mahalnya Teknologi CGI Dalam Pembuatan Film

Mahalnya Teknologi CGI Dalam Pembuatan Film

Naviri.Org - Meski bisa diandalkan, terutama dalam pembuatan film animasi, dan memiliki peran besar dalam menentukan wajah sebuah film, CGI (Computer Generated Imagery) bukan teknologi yang murah.

Eksekutif Sony Pictures, Penny Finkelman Cox mengatakan dibutuhkan 400 pekerja visual yang bekerja selama empat tahun untuk membawa film 2D ke bioskop. Sedangkan dengan CGI, hanya membutuhkan setengah dari angka itu, dan hanya membutuhkan tiga tahun untuk membuat film yang memanfaatkan komputer. Hasilnya, film digital umumnya membutuhkan biaya sebesar $80 juta, sementara film animasi tradisional bisa menghabiskan $150 juta dalam proses pembuatannya.

Dua poin yang membuat CGI mahal ialah biaya dari para pekerja efek visual. Untuk membuat efek visual komputer yang memukau, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Lamanya produksi dan jumlah pekerja efek visual membutuhkan biaya yang semakin membengkak.

Mengutip pemberitaan Forbes, sebuah film dengan 150 hingga 250 efek visual dengan 1 efek visualnya berdurasi 5 detik, per 1 efek membutuhkan biaya antara $70 ribu hingga $100 ribu. Film Hollywood berjudul Pirates of the Caribbean: At World’s End, menghabiskan uang senilai $1 juta per menit untuk membiayai efek visual komputer.

Dave Clayton, penasihat animasi Weta Digital, sebuah rumah produksi efek visual, dalam sebuah wawancara dengan Gizmodo mengungkapkan bahwa dibutuhkan teknologi “raksasa” untuk membuat efek CGI.

Sekitar sepuluh tahun lalu, dalam film Return of the King, WETA memproses efek CGI dengan melibatkan sekitar 2.300 CPU (Central Processing Unit) dan RAM bertenaga 5 terabytes. Untuk memproses efek CGI Desolation of Smaug, mereka mengandalkan 50.000 CPU dan RAM 170 terabytes. Kekuatan CPU dan RAM tersebut setara dengan gabungan 30.000 laptop standar.

Kemudian, pada 1997, James Cameron membutuhkan prosesor SGI sebanyak 350 keping, 200 keping prosesor DEC Alpha, serta media penyimpanan sebesar 5 terabyte, untuk memproses efek CGI dalam film yang ia garap.

Teknologi CGI bukanlah perkara mudah dan murah. Namun, film-film Hollywood tetap memakai CGI, termasuk beberapa film di Indonesia. CGI memang mahal, tapi ada harapan dengan fragmen-fragmen film yang memukau para penonton, sebuah film bisa mendulang sukses di pasar.


Related

Technology 4061144228611365049

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item