4 Lokasi Untuk Melihat Sunrise Di Bogor

4 Lokasi Untuk Melihat Sunrise Di Bogor
Photo: Kaskus
Sebagai kota dan kabupaten yang berada di kawasan dataran tinggi, Bogor memiliki tempat-tempat yang bisa anda kunjungi untuk menikmati pemandangan matahari terbit / sunrise yang menawan. Selama ini, orang-orang hanya melihat sunrise dari gunung Salak, gunung Gede, dan gunung Pangrango saja, padahal, Bogor memiliki tempat-tempat lain yang tak kalah menarik untuk menikmati fenomena alam ini. Empat lokasi ini juga cocok untuk anda yang masih pemula dalam mendaki, karena lokasi ketinggiannya yang tidak setinggi gunung-gunung yang ada di Bogor.

Sekedar catatan, momen matahari terbit ini bisa dinikmati saat cuaca sedang cerah, dimana langit tidak berawan, apalagi hujan. Selain dapat melihat indahnya sunrise, batu-batuan yang akan dilalui pun tidak licin. Terlebih, akses menuju kota Bogor kini sudah sangat mudah, anda bisa menggunakan angkutan umum seperti commuter line, bus kota, atau pun kendaraan pribadi.

Gunung Pancar

Gunung ini terletak di kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat melewati tol dan keluar melalui gerbang Tol Sentul Selatan, kemudian teruskan perjalanan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, anda bisa melewati Desa Cimahpar yang akan berujung ke Sentul Selatan juga. Setibanya di gerbang, anda harus membayar tiket masuk senilai Rp 5.000/ Orang.

Mengejar sunrise, artinya perjalanan harus anda mulai pada dini hari, siapkan juga head lamp sebagai alat penerbangan. Saat mendaki, sebaiknya ikuti jalur yang besar dan lebar agar tidak tersesat. Setibanya di puncak Gunung Pancar, rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan matahari dengan warna jingga yang berlatarkan bukit-bukit berbaris dan hijaunya Bogor dari atas ketinggian.

Kampung Citalahab 

Citalahab berlokasi di desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, dan  masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Untuk bisa sampai ke tempat ini, jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa mengambil rute dari tol jagorawi ke arah puncak, lalu masuk kearah sentul selatan Bubulak IPB - Dramaga Bogor-Jl.tanah Baru - Jl.Leuwiliang - Kacamatan Nanggung - desa Malasari - Taman nasional Gunung Halimun - Citalahab, dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 4 jam. Meskipun perjalanan yang ditempuh cukup jauh, namun semua kelelahan anda akan terbayar ketika anda menyaksikan keindahan perkebunan teh, air terjun, rerimbunan hutan, serta keramahan para penduduk Citalahab. Untuk bisa menyaksikan sunrise di pagi hari, anda bisa menginap di homestay yang banyak tersedia di kampung ini.

Selain menikmati sunrise, anda juga akan menikmati suasana pedesaan yang masih asri. Selain itu, pemandangan alam berupa perkebunan teh, hutan hujan tropis dengan berbagai macam binatang seperti owa jawa, surili, lutung, elang jawa, macan tutul, macan kumbang, landak, trenggiling. Bukan hanya itu, disini juga terdapat air terjun, diantaranya adalah air terjun Macan, Cipiit, Cikudapaeh, dan Cihanjawar.

Bukit Kapur

Bukit Kapur atau yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan gunung kapur, berlokasi di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Jika anda ingin melihat sunrise di pagi hari, anda bisa camping di atas bukit, dan jangan lupa untuk membawa perbekalan lengkap dan ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan. Sebagai catatan, jangan lupa membawa head lamp, karena jalur pendakian menuju puncak bukit Kapur ini sedikit terjal karena didominasi oleh bebatuan besar.

Rasa lelah anda akan terbayar lunas saat melihat keindahan bintang-bintang dan pemandangan Kota Bogor di malam hari. Dan pada pagi harinya, anda dapat menyaksikan semburat jingga menyapa. Jika cuaca sedang cerah, warna jingga yang tersaji akan terlihat lebih indah, dengan berlatarkan gunung Pangrango, gunung Salak, juga hijaunya kota Bogor dari atas ketinggian. Yang unik dari bukit Kapur ini adalah, anda akan disambut dengan kehadiran monyet-monyet gunung, dan selalu jaga barang-barang anda dengan baik, karena monyet-monyet di bukit Kapur ini termasuk jail, terlebih jika melihat makanan.

Gunung Munara

Gunung ini berlokasi di kampung Sawah, Rumpin, Bogor. Untuk bisa sampai ke Gunung Munara,  dari Jakarta bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam melewati Ciawi menuju Pasar Parung, kemudian dilanjutkan ke arah Ciseeng sampai ke Rumpin. Harga tiket masuk ke Gunung Rumpin saat ini Rp 5.000, dengan tarif parkir motor Rp 5.000 sedangkan mobil Rp 10.000.

Gunung Munara ini termasuk dalam one day hicking, namun jika anda ingin melihat sunrise di pagi hari, anda bisa camping di atas bukit, jangan lupa membawa perbekalan yang cukup dan ingatlah untuk selalu jaga kebersihan ya. Selain dapat menyaksikan semburat jingga menyapa di pagi hari, hal menarik yang bisa Anda temukan dari Gunung Munara ini adalah situs wisata sejarahnya. Di Puncak Munara terdapat petilasan Sunan Kalijaga, goa tempat Presiden Soekarno bersemedi, hingga jejak tangan dan kaki si Kabayan.

Ternyata kota Bogor memiliki tempat-tempat tinggi yang menarik untuk menikmati sunrise yang masih jarang orang ketahui. Sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata gratis diatas, bagi anda yang berasal dari luar kota bisa menemukan banyak promo Hotel di Bogor kota Anda bisa booking dan cari hotel murah di Reservasi.com. Selamat berburu sunrise!

Related

Traveling 2312590587618167678

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item