Nyos, Danau Paling Berbahaya di Dunia

Nyos, Danau Paling Berbahaya di Dunia

Naviri.Org - Danau Nyos adalah danau kawah gunung berapi yang terletak di bagian utara Kamerun. Dengan panjang 2 kilometer, danau ini memiliki dapur magma di bawahnya, yang terus menerus merembeskan sejumlah karbondioksida ke dalam danau, mengubah air menjadi asam karbonat.

Selama ribuan tahun, karbondioksida merembes ke dalam danau, menjadikan air danau memiliki kadar karbondioksida sangat tinggi, yang menyebabkan beberapa efek berbahaya.

Pada 2 Agustus 1986, misalnya, sebuah longsoran tanah menyebabkan Danau Nyos melepaskan 1,6 juta ton karbondioksida, yang naik dengan kecepatan sekitar 100 kilometer per jam menuju bibir danau.

Awan karbondioksida itu mengakibatkan lebih dari 1.700 orang dan 3.500 ternak yang berada di radius 25 kilometer dari danau mengalami sesak napas atau sulit bernapas. Itu merupakan peristiwa sesak napas massal pertama di dunia yang disebabkan peristiwa alam.

Sejak insiden itu, Danau Nyos pun disebut sebagai danau paling berbahaya, dan sebutan itu bahkan telah tertulis di Guinness Book of World of Records.

Nyos, Danau Paling Berbahaya di Dunia


Related

Traveling 3683350605763033856
item