10 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta

Naviri.Org - Yogyakarta telah lama terkenal sebagai kota pelajar. Sebutan itu karena banyaknya sekolah—dari SD sampai perguruan tinggi—yang berdiri di Yogyakarta, juga banyaknya pelajar/mahasiswa dari kota lain yang belajar di Yogyakarta. Setiap tahun, selalu ada orang-orang dari berbagai wilayah Indonesia yang datang ke Yogyakarta, dengan maksud untuk belajar atau kuliah di sana.

Popularitas Yogyakarta sebagai kota pelajar juga menjadikan minat terhadap kota itu meningkat. Makin banyak orang (pelajar) yang ingin kuliah di Yogyakarta, dan hal itu menjadikan Yogyakarta tak pernah kekurangan pendatang baru yang belajar di sana. Jika Anda termasuk salah satu orang yang berminat kuliah di Yogyakarta, dan masih bingung mau kuliah di mana, hal penting yang ingin Anda tahu tentu universitas atau perguruan tinggi mana yang terbaik di Yogyakarta.

Pertanyaan itu bisa dijawab dengan merujuk data yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan 100 Besar Perguruan Tinggi di Indonesia pada Senin (21/8/2017). Dari 100 universitas terbaik itu, ada 10 perguruan tinggi berasal dari Yogyakarta.

Menurut Kemeristekdikti, daftar itu dibuat sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia. Mutu pendidikan itu dinilai dari empat komponen, yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan; kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat. Jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian,” ujar Menristekdikti Mohamad Nasir, dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti.

Nasir mengatakan, pengelompokan/klasterisasi ini dilakukan untuk meningkatkan mutu universitas secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, termasuk di dalamnya kesehatan organisasi.

Dia melanjutkan, dengan klasterisasi, Kemenristekdikti dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi ini juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya,” imbuh Nasir.

Berikut daftar 10 Perguruan Tinggi terbaik di Yogyakarta versi Kemenristekdikti:

1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat 1)
2. Universitas Negeri Yogyakarta (Peringkat 10)
3. Universitas Sanata Dharma (Peringkat 32)
4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (Peringkat 40)
5. Universitas Islam Indonesia (Peringkat 41)
6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Peringkat 46)
7. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Peringkat 76)
8. Universitas Janabadra (Peringkat 79)
9. Universitas Kristen Duta Wacana (Peringkat 80)
10. Institut Sains Dan Teknologi Akprind (Peringkat 96)

Baca juga: Penelitian-penelitian Terkait Poliglot

Related

News 1280280371275294828
item