Son Doong, Gua Paling Menakjuban di Vietnam

 Son Doong, Gua Paling Menakjuban di Vietnam

Naviri.Org - Son Doong adalah gua yang menjadi bagian dari Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, di Distrik Bo Trach, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Lebar gua ini mencapai 200 meter, dengan tinggi 150 meter, dan panjang 9 kilometer.

Gua menakjubkan ini ditemukan pertama kali pada 1991, oleh seorang warga setempat bernama Ho-Khanh. Namun, pada waktu itu belum ada yang berani masuk, karena jalan masuknya terlalu curam.

Baru pada 2009, beberapa petualang Inggris menjelajah ke dalamnya, dan mereka seketika terpesona dengan kedalaman gua tersebut. Sejak itulah, wilayah gua dipugar, dan dijadikan kawasan taman nasional seluas 85.754 hektar.

Selain luas, Gua Son Doong juga memiliki pemandangan yang indah meliputi stalakmit dan stalaktit, juga terdapat sungai bawah tanah yang besar. UNESCO juga menetapkan Gua Son Doong sebagai salah satu dari situs warisan dunia.

 Son Doong, Gua Paling Menakjuban di Vietnam

Lihat juga: Mengenal Pantanal, Rawa-rawa Terbesar di Dunia

Related

Traveling 4456806378905080968

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item